Makna Simbolis Anjing yang Muncul dalam Film The Invisible Man

Makna Simbolis Anjing yang Muncul dalam Film The Invisible Man, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - The Invisible Man menampilkan seekor anjing bernama Zeus, yang dipelihara oleh Cecilia dan Adrian. Kita pertama kali melihatnya pada adegan pembuka film, di mana Cecilia berusaha keluar dari rumah.

Ketika Cecilia secara tidak sengaja menendang mangkuk makanan anjing, hal tersebut membuat Zeus menggonggong keras, yang menciptakan momen menegangkan. Penonton mulai menerka-nerka, apakah Adrian bangun karena gonggongan anjing tersebut, atau ia masih tetap tertidur lelap karena sudah diberi obat oleh Cecilia.

Meskipun Cecilia tidak bisa membawa Zeus lari bersamanya, ia melepaskan ikat leher yang Adrian pasang ke anjing tersebut.

Seiring berjalannya cerita, Cecilia kembali menyusup ke rumah Adrian untuk mencari bukti bahwa Adrian masih hidup. Ketika ia diserang oleh sosok Adrian yang tembus pandang, Zeus datang membantu Cecilia, sehingga Cecilia bisa lari dari cengkeraman Adrian.

Walaupun Adrian sangat kejam, tapi ia tidak membunuh anjing tersebut karena telah menggagalkan rencananya. Pada ending film ini, ketika Cecilia sukses membunuh Adrian, ia keluar rumah dengan Zeus mengiringinya.

Anjing tersebut memang tidak ada signifikansinya terhadap plot, selain sebagai suspense devices. Menurut Leigh Whannell, sutradara The Invisible Man, Zeus lebih berperan sebagai simbol.

Whannell mengungkapkan bahwa leher ikat Zeus yang dilepaskan Cecilia menyimbolkan bahwa selama ini Cecilia adalah tawanannya, dan sudah lepas dari ikatan tersebut. Sementara itu, nama Zeus dimaksudkan untuk mencerminkan karakter God Complex Adrian.

Ternyata, seekor anjing yang awalnya kita pikir hanya sebatas suspense devices malah memiliki simbol penting terhadap film ini secara menyeluruh.

Related

Film 1822404803458773376

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item