Memakai Sarung Tangan Justru Dapat Tularkan Corona? Ini Penjelasan Dokter

Memakai Sarung Tangan Justru Dapat Tularkan Corona? Ini Penjelasan Dokter, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Sarung tangan lateks menjadi salah satu bahan yang paling dicari, selain masker dan hand sanitizer, di tengah pandemi corona covid-19. Sarung tangan dianggap dapat melindungi tangan saat memegang barang-barang yang diduga terpapar saat berada di ruang publik.

Benarkah sarung tangan dapat membantu mencegah virus corona?

Verifikasi fakta

Dokter Spesialis Okupasi, dr Nusye Zamsiar, MS, SpOK, mengatakan, memakai sarung tangan plastik untuk belanja keluar rumah bisa mencegah corona. Tapi, itu hanya mencegah kontak langsung saja.

"Tapi, berpotensi menularkan ke orang lain," kata Nusye.

Nusye menambahkan, sarung tangan juga mudah robek karena bahannya yang longgar dan tipis. Lalu, penggunaan sarung tangan tanpa etika seperti memegang banyak benda tanpa kebersihan justru lebih berbahaya menularkannya pada sekitar.

Ia mencontohkan, orang yang memakai sarung memegang droplet mengandung virus. Lalu, juga memegang benda lain atau pintu transportasi umum, maka virusnya bisa menyebar.

Ia menyarankan perilaku hidup bersih dan sehat dengan cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. Apalagi, sarung tangan lateks lebih dibutuhkan tenaga medis.

"Sarung tangan lateks memang bisa cegah corona. Tapi, hanya diutamakan dipakai oleh petugas-petugas saja, bukan masyarakat awam," kata dia.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Health 660063101594928334

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item