Mengapa Mobil Punya Empat Ban? Ini Penjelasan Ilmiahnya

 Mengapa Mobil Punya Empat Ban? Ini Penjelasan Ilmiahnya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Mobil merupakan alat transportasi yang digemari masyarakat Indonesia, apalagi sekarang di Indonesia para pabrikan mobil memberikan aneka pilihan dengan harga yang bersahabat dengan dompet keluarga muda.

Tak hanya harga, teknologi dan fitur yang terdapat pada mobil yang semakin canggih, modern, serta memudahkan pengguna kendaraan yang sesuai dengan kebutuhannya, menjadikan mobil semakin diminati.

Dari sekian banyak mobil yang beredar di jalanan Indonesia, rasa penasaran muncul dengan pertanyaan yang menggelitik, kenapa mobil bannya ada empat? Mungkin akan banyak sekali jawaban, tapi besar kemungkinan dari kita semua menjawab seadanya.

Dilansir dari Drive Spark, mobil memiliki 4 roda tidak lepas dari distribusi berat. Dipilihnya mobil dengan roda empat, agar beban mobil bisa ditopang bersamaan di empat titik, sehingga bisa seimbang dengan baik. Pikirkan bentuk kotak atau persegi panjang. Berapa banyak titik di ujungnya, ya pasti empat.

Selain distribusi berat, faktor penting lainnya adalah traksi dan keseimbangan. Mobil roda empat akan memiliki cengkeraman yang lebih baik dan keseimbangan yang tepat, yang memungkinkan respons penanganan yang lebih baik.

Sementara, jika dikutip dari The News Wheel, jika kendaraan selalu berada dalam kondisi diam, mungkin mobil dengan roda tiga akan menjadi pilihan yang tepat. Itulah sebabnya barang-barang seperti tripod memiliki tiga kaki.

Tapi ketika harus menjaga stabilitas dalam bergerak, kendaraan roda empat menjaga keseimbangan jauh lebih baik ketika berbelok, daripada mobil roda tiga. Karena mobil umumnya berbentuk persegi panjang, sangat penting bahwa bobotnya didistribusikan secara merata di keempat simpulnya (sudut).

Mobil beroperasi pada as yang mendukung massa, setiap as akan mendapatkan dua ban di ujungnya. Itu sebabnya lebih banyak as ditambahkan ke mobil yang lebih panjang. Selain itu, kehadiran roda keempat juga memungkinkan ruang pada kendaraan tambah luas, dan mengakomodasi lebih banyak bagian.

Related

Science 5303600890187951511

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item