Mengenal Asal Usul Co-working Space yang Kini Populer di Dunia

Mengenal Asal Usul Co-working Space yang Kini Populer di Dunia, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Co-working space atau ruang kerja bersama telah menjamur di semua kota utama dunia selama 15 tahun terakhir. Tapi apa yang membuatnya populer? Mengapa dan kapan tempat kerja jenis ini muncul?

Teknologi baru seperti kecerdasan buatan dan robot telah mempengaruhi pola kerja perusahaan-perusahaan terkemuka. Pada saat yang sama, para pekerja menginginkan lebih banyak otonomi dan fleksibilitas. Banyak yang memilih pekerjaan lepas untuk membebaskan diri dari batasan-batasan organisasi dan menentukan di mana dan kapan mereka bekerja.

Aspirasi pekerja dan perusahaan pun turut berubah secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Banyak yang ingin bekerja dari rumah; ada pula yang ingin bekerja di luar kantor pusat perusahaan tapi masih bersama orang lain.

Ruang kerja bersama (co-working space) yang pertama dibangun pada 2005 di San Francisco, dengan tujuan memudahkan penggunanya mengembangkan kreativitas, inovasi, dan gagasan mereka.

Jumlah ruang kerja bersama saat ini ada lebih dari 14.000. Ada yang sudah tutup tapi juga ada ruang baru yang muncul.

Ruang kerja bersama menawarkan penggunanya untuk berbagi sebuah tempat dengan segala peralatan yang dapat ditemukan di kantor (mesin photo copy, mesin cetak, mesin pemindai). Para pekerja dapat memanfaatkan peralatan tersebut dan membagi pengeluaran terkait, sebagai pengganti biaya sewa mingguan atau bulanan.

Kantor dapat berada di area terbuka untuk meningkatkan kemungkinan perjumpaan yang bersifat kebetulan. Hal ini lebih disukai para pekerja lepas, sementara UMKM atau perusahaan rintisan biasanya lebih memilih kantor yang tertutup untuk alasan kerahasiaan.

Kedua jenis kantor tadi dapat berada di sebuah ruang kerja bersama, yang membantu mengurangi keterasingan melalui keberadaan dapur atau mesin kopi, di tempat para pekerja berkumpul.

Dengan demikian, ruang kerja bersama telah menjadi solusi inovatif atas keinginan untuk bekerja dari sebuah kantor tanpa perlu merasa kesepian di rumah. Ia juga lebih menarik bagi pekerja lepas yang lebih memilih untuk bekerja di sebuah ruangan yang terdapat pekerja-pekerja lain.

Kenyataan yang beragam

Ruang kerja bersama tumbuh subur di penjuru dunia, tapi masing-masing menghadapi kenyataan yang berbeda. Tergantung pada kota atau wilayah mana ruang kerja bersama itu berada, jumlah pengguna, pekerja lepas atau UMKM atau perusahaan rintisan pun berbeda, masing-masing dengan tujuan yang berbeda mengapa mereka memutuskan memulai usaha atau bekerja di sana.

Ruang kerja bersama dapat digunakan oleh mereka yang menginginkan alamat kerja yang lebih profesional daripada rumah pribadi, untuk bertemu klien. Selain itu, ruang kerja bersama biasanya juga memiliki ruang rapat yang besar, yang menawarkan suasana yang lebih formal untuk mengadakan pertemuan.

Beberapa penggunan ruang kerja bersama dapat memanfaatkan tempat ini untuk mengurangi biaya, berbagi sumber daya manusia (staf administratif) atau peralatan (mesin cetak, mesin photo copy, ruang rapat) atau untuk alasan kenyamanan dan ketersediaan fasilitas (dapur umum, mesin kopi yang berfungsi, sofa dan kursi yang nyaman).

Related

Lifestyle 3677241674608048621

Recent

item