Misteri Trovant, Batu Bernyawa Paling Membingungkan di Dunia

 Misteri Trovant, Batu Bernyawa Paling Membingungkan di Dunia, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Batu trovant yang aneh berbentuk bulat, elips, atau menyerupai angka 8, ukurannya beragam dari beberapa centimeter sampai hitungan meter. Yang luar biasa, batu itu seakan 'bernyawa', terus bertumbuh saat diguyur hujan, bahkan bisa berpindah tanpa bantuan siapa pun.

Namun, trovant tak ada kaitannya dengan cerita fiksi sains apa pun, juga tak ada kaitan dengan makhluk ekstrateresterial. Melainkan fenomena geologi yang mengagumkan.

Batuan itu ditemukan di sebuah desa di Rumania, Costesti. Kata 'trovant' adalah sinonim dari istilah Jerman, "Sandsteinkonkretionen", yang berarti 'pasir yang disemen'.

Seperti dimuat Oddity Central, trovant adalah bentuk bola pasir yang muncul di bumi, setelah aktivitas seismik yang kuat dari periode Tersier, sekitar 6 juta tahun lalu.

Trovant 'tumbuh' saat kontak dengan air. Batuan yang kecilnya hanya 6-8 milimeter bisa menjadi sebesar 6-10 meter. Beberapa dari mereka bahkan bisa bergerak sendiri.

Ketika dipotong, bagian dalam trovan menampilkan cincin pertumbuhan melingkar, yang mirip dengan bagian dalam batang pohon. Itu mengapa mereka disebut 'batu tumbuh'.

Ada sejumlah teori soal trovant: ilmiah atau sebaliknya, fantastis, yang menjelaskan asal-usul dan keanehan trovant.

Para ilmuwan bahkan dibuat bingung karenanya. Sebagian dari mereka meyakini, di bawah tempurungnya, batu tersebut mengandung mineral tinggu. Saat permukaannya basah, mineral tersebut menyebar, dan memaksa pasir berkembang.

Namun, itu baru teori. Sejauh ini belum ada riset atau percobaan ilmuan yang pernah dilakukan pada batu-batu 'ajaib' itu.

Bebatuan trovant kini menjadi daya tarik di Museum Trovanti, museum terbuka seluas 1,1 hektar di Rumania, dan dilindungi UNESCO.

Related

World's Fact 6613788841222751309

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item