Mengapa Mobil di Indonesia Menggunakan Setir di Kanan? Ini Jawabannya

Mengapa Mobil di Indonesia Menggunakan Setir di Kanan? Ini Jawabannya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Sebagian besar negara di dunia menganut paham setir kiri, dan melaju di jalan sebelah kanan. Berbeda dengan Indonesia yang menggunakan setir kanan dan jalan di sisi kiri. Kenapa bisa begitu?

Hal ini ternyata mengikuti orang-orang pada masa feodalisme. Pada zaman itu, orang-orang sering membawa pedang saat mereka bepergian. Kala itu, mereka memegang pedangnya dengan tangan kanan, dan berjalan di sisi sebelah kiri jalan.

Salah satu alasan kenapa mereka pegang pedang dengan tangan kanan dan jalan di sebelah kiri, supaya tidak menabrak sarung pedang milik orang lain. Saat itu sarung pedang biasanya menggantung di sabuk dan ditempatkan di sisi kiri pinggang.

Dengan alasan itu, sebagian besar negara yang merupakan koloni Inggris kuno membawa kebiasaan tersebut hingga sekarang, termasuk dalam penggunaan setir mobil. Negara yang menganut paham lalu lintas sebelah kiri dan setir sebelah kanan kebanyakan koloni Inggris Kuno.

Tapi ada juga negara yang bekas koloni Inggris yang ganti haluan. Amerika Serikat contohnya.

Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia terpengaruh oleh Belanda, karena bekas jajahan mereka. Kebiasaan ini dibawa Belanda pada saat pertama kali mereka datang ke Indonesia pada tahun 1596. Sampai sekarang kita terus menggunakan kebiasaan itu dalam berlalu lintas, melaju di sisi sebelah kiri dan setir di sebelah kanan.

Tapi menariknya, Belanda sendiri mengubah kebiasaan itu. Balanda sekarang menggunakan setir di sebelah kiri dan melaju di sisi sebelah kanan. Katanya berubah karena pengaruh dari Napoleon Bonaparte. Ia menerapkan aturan untuk bepergian di sisi kanan jalan pada saat menaklukkan negara-negara Eropa. Perubahan yang dilakukan Belanda ini tak diikuti negara bekas jajahannya.

Related

Science 5470259837351819307

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item