Pakar Epidemiologi Khawatir Pembukaan Mal Akan Timbulkan Klaster Penyebaran Corona Baru

Pakar Epidemiologi Khawatir Pembukaan Mal Akan Timbulkan Klaster Penyebaran Corona Baru, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia (UI), Pandu Riono, menyatakan kebijakan PSBB di DKI belum diketahui apakah akan diperpanjang oleh Gubernur Anies Baswedan atau tidak. “Kalau PSBB diperpanjang, mal belum tentu juga diizinkan untuk beroperasi," kata dia.

Pria yang tergabung dalam komunitas Kawal COVID-19 ini juga menuturkan, saat ini pemerintah juga masih menetapkan virus Corona sebagai bencana nasional non-alam. Sehingga semua pihak diminta untuk berhati-hati ketika membuat kebijakan, termasuk membuka mal.

Dosen di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI khawatir dengan dibukanya puluhan mal di DKI Jakarta malah akan menambah klaster penyebaran COVID-19 baru. Sebab akan banyak pengunjung yang datang ke mal, dan mereka tidak bisa dideteksi secara pasti apakah positif COVID-19 atau tidak, terutama Orang Tanpa Gejala (OTG).

Jika pengelola pusat perbelanjaan tetap memaksakan diri untuk beroperasi, kata Pandu, dirinya menyarankan untuk melaksanakan protokol kesehatan dengan tegas.

Pandu juga meminta kepada Gubernur Anies Baswedan, jika terdapat mal yang tidak melakukan protokol kesehatan dan malah memunculkan kasus baru, untuk ditutup selama PSBB berlangsung.

"Agar menjadi evaluasi mal lainnya yang tetap ingin beroperasi," pungkasnya.


Related

News 3370399915219745308

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item