Pandemi Corona dan New Normal Akan Mengubah Cara Hidup Banyak Orang

Pandemi Corona dan New Normal Akan Mengubah Cara Hidup Banyak Orang, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Rindu dengan teman-teman, rindu nongkrong bareng di kafe? Sabar dulu sampai memang benar-benar kondisi pandemi corona dinyatakan aman untuk beraktivitas seperti biasa.

Namun the new normal saat ini, orang Indonesia mau tak mau harus menahan diri untuk tidak nongkrong di kafe atau restoran selama masa pandemi virus corona.

Beberapa restoran dan kafe akhirnya menerapkan cara baru agar tetap mendapat pemasukan, dan pelanggan setia masih bisa mendapatkan menu kesukaan mereka di tempat tersebut, yaitu pesan antar. Selain itu banyak juga restoran yang menyediakan berbagai menu frozen alias bisa diracik sendiri di rumah.

Beberapa restoran juga menerapkan jarak aman ketika menata ulang tempat duduk restorannya. Namun ketika PSBB diperketat, kebanyakan restoran dan kafe hanya menerapkan pesan antar. Mereka juga menetapkan jarak aman antar pembeli sampai menyediakan hand sanitizer, pakai masker, sampai mungkin saja cek suhu.

Hal-hal tersebut jadi kehidupan normal saat ini. Masyarakat harus berdamai dengan cara tersebut saat pandemi. Sampai ketika situasi sudah dinyatakan lebih aman dan warga bisa kembali beraktivitas seperti biasa.

Meski demikian, mau tak mau, the new normal dalam hidup pasca pandemi bakal mengubah kebiasaan banyak orang, namun tentunya itu semua tergantung diri masing-masing. Ada beberapa persepsi tentang kebiasaan tersebut:

Memanfaatkan teknologi

The new normal selama pandemi ini membuat banyak orang lebih cenderung memanfaatkan teknologi dalam kesehariannya. Misalnya dengan metode pesan antar secara online, metode cashless (sebagai bagian dari cashless society).

Selain itu, metode drive tru juga bisa menjadi pertimbangan praktis.

Lebih sabar

The new normal secara tak langsung mengajarkan orang untuk lebih bersabar. Bagaimana tidak, mau masuk ke berbagai tempat harus antre untuk dicek suhu tubuh. Setelah itu, antrean terkait masuk ke tempat belanja kebutuhan sehari-hari juga dibatasi agar tak terlalu padat di dalam dan terbentuk kerumunan. Hal ini juga dilakukan untuk menjaga jarak sosial.

Latihan sabar ini akan membuat orang lebih paham dan mau antre, hal yang sudah sejak lama digaungkan demi ketertiban umum. Saat ini antre bukan cuma demi ketertiban tapi kesehatan. Sebelumnya, orang-orang Indonesia sudah punya kesabaran ekstra untuk menunggu makanan, apalagi makanan yang tengah hit.

“Perubahan lainnya kalau pilih tempat ya enggak akan berdesak-desakan lagi. Mending cari tempat lain yang lowong atau antre,” ucap Gita.

“Kaya kemarin saya beli es kelapa di tempat biasa aja harus menunggu sepi dulu baru beli, terus lihat orangnya pakai masker tidak,” ujar Mia.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

World's Fact 6984767695614573368

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item