Peneliti: Kita Harus Jaga Jarak Sosial untuk Cegah Corona, Sampai Tahun 2022

Peneliti: Kita Harus Jaga Jarak Sosial untuk Cegah Corona, Sampai Tahun 2022, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Gabungan peneliti dari Harvard T.H. Chan School of Public Health memprediksi kebijakan physical distancing (jaga jarak fisik) mesti diperpanjang hingga 2022, sebab sampai saat ini belum ada obat atau vaksin yang tersedia untuk mengobati pasien Covid-19.

"Kebijakan jaga jarak kemungkinan perlu dilakukan hingga tahun 2022, kecuali sudah ada pengobatan dan vaksin yang tersedia untuk mengobati pasien Covid-19," kata salah satu peneliti, Marc Lipsitch.

Selain itu, studi juga menunjukkan pandemi virus corona SARS-Cov-2 berpotensi akan terus muncul meskipun kebijakan lockdown telah dicabut.

"Pengawasan harus lebih ketat karena virus ini dapat muncul kembali dan menyebar hingga 2024," tegas Lipsitich.

Oleh karena itu, para peneliti berpendapat bahwa tes Covid-19 perlu ditingkatkan secara masif di suatu negara, untuk menentukan ambang batas kebijakan physical distancing.

Namun jika obat dan vaksin telah tersedia, pemerintah dapat mengambil kebijakan untuk melonggarkan durasi lockdown.

Para peneliti saat ini tengah mengkaji lebih jauh seberapa kebal mantan pasien positif Covid-19 pada virus yang sama, sebab dikhawatirkan orang itu bakal kembali terjangkit.

Berdasarkan jurnal yang ditulis peneliti berjudul, "Projecting The Transmission Dynamics of SARS-CoV-2 Through The Postpandemic Period", kemungkinan kekebalan imun mantan penderita Covid-19 hanya dapat bertahan selama satu tahun, tetapi ini mesti diidentifikasi lebih lanjut.

Tim peneliti Harvard kembali menegaskan, virus corona baru tidak berhenti pada gelombang awal saja, berkaca pada kasus wabah SARS yang terjadi tahun 2002-2003, seperti dilansir Science Alert.

Di China, terdapat penemuan 89 kasus baru virus corona saat negara ini sedang berupaya mencegah gelombang kedua pandemi. Komisi Kesehatan Nasional di China melaporkan, hampir semua kasus baru itu merupakan kasus impor, yakni penularan virus dari warga yang baru datang dari luar negeri.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Science 7304583172822117242

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item