Mengenal Taaruf, Proses Saling Kenal Sebelum Menuju Jenjang Pernikahan

Mengenal Taaruf, Proses Saling Kenal Sebelum Menuju Jenjang Pernikahan, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Islam memiliki konsep taaruf. Taaruf berarti saling mengenal satu sama lain antara laki-laki dan perempuan yang akan melangkah ke jenjang pernikahan.

Konsep taaruf menjadi penting karena manusia diciptakan Tuhan dengan latar belakang yang berbeda-beda. Latar belakang kesukuan, kebangsaan, dan bahasa. Karena itu, taaruf memiliki relevansi yang tinggi bagi kita.

Lalu, bagaimana konsep taaruf dipraktikkan dalam pacaran?

Dalam konteks Indonesia, istilah pacaran sudah telanjur memiliki konotasi negatif. Pacaran dipahami sebagai pergaulan antara laki-laki dan perempuan sebelum adanya atau menuju ke arah ikatan pernikahan.

Di dalam Islam, konsep taaruf juga dianjurkan bagi mereka yang akan melakukan pernikahan. Calon pasangan, baik laki-laki atau perempuan, dianjurkan untuk mengenal calonnya dengan baik.

Hal ini [mengenal calon pasangan] dianjurkan oleh agama. Agama menganjurkan bahwa kita harus memiliki pengetahuan yang jelas terhadap calon pasangan, supaya nanti tidak terjadi konflik di kemudian hari.

Lalu, sampai batas apa perkenalan atau taaruf itu diperbolehkan?

Taaruf dibolehkan sampai batas di mana pengenalan antara satu dengan yang lain sudah cukup. Dalam pengertian bahwa mereka berdua sudah memiliki pengetahuan antara satu sama lainnya. Dan, dengan catatan bahwa dalam proses perkenalan tidak ada hal-hal melanggar syariat yang dilakukan.

Related

Relationship 1549293971392299908

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item