Teka-Teki Sosok Misterius Pencipta Bitcoin Akhirnya Mulai Terungkap

Teka-Teki Sosok Misterius Pencipta Bitcoin Akhirnya Mulai Terungkap, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Banyak orang penasaran dan ingin membongkar identitas Satoshi Nakamoto, pembuat cryptocurrency Bitcoin. Ia tidak pernah muncul ke publik tetapi karyanya telah disebut sebagai 'emas digital'.

Kasus ini tampaknya sudah terpecahkan oleh pendiri perusahaan Software Antivirus, John McAfee, yang mengaku mengetahui identitas orang tersebut. Ia bahkan yakin 99% tahu identitas Satoshi Nakmoto.

Keyakinan banyak orang bahwa Satoshi Nakamoto adalah seorang individu yang merancang Bitcoin, menurutnya omong kosong belaka.

"Mereka adalah tim yang terdiri dari 11 orang yang bekerja selama 5 tahun, yang akhirnya muncul dengan [Bitcoin]," ujar John McAfee seperti dilansir dari Cointelegraph. "Bagaimana mereka memutuskan siapa yang akan menulis makalahnya, saya tidak tahu."

John McAfee pun memberikan bocoran lain untuk mengungkap identitas Satoshi Nakamoto, caranya dengan menganalisis lingustik whitepaper (buku putih) blockchain dan Bitcoin.

Penulis konsisten menggunakan bahasa Inggris British daripada bahasa Inggris Amerika. Kedua, penulisnya konsisten menggunakan dua spasi setelah suatu period atau simbol berhenti penuh dalam tulisan ( . ).

John McAfee pun menyebut formal dokumen itu identik dengan dokumen yang telah diterbitkan Satoshi Nakamoto secara profesional, sehingga lebih mudah bagi seseorang mengidentifikasinya.

"Jika Anda membeli buku program kepenulisan seharga 200-an dolar, dan menerapkannya, dan Anda mengambil salah satu makalah yang dia terbitkan, hanya satu yang akan keluar, dan dengan probabilitas 99% itu adalah dia," jelasnya.

Meski begitu, John MCAfee tidak mau mengungkap identitas penulis White Paper sebenarnya, karena khawatir akan menghancurkan hidup seseorang. Entah karena Satoshi akan diburu banyak orang atau karena harus berhadapan dengan pemerintah.

Informasi saja, Satoshi Nakamoto adalah pseudonym, nama samaran, yang sejak tahun 2008 belum ada yang pernah mengaku bahkan mengungkap siapa di balik nama tersebut yang fenomenal menciptakan uang digital berbasis kripto, Bitcoin.

Tahun 2008, Satoshi Nakamoto mempublikasikan 9 lembar 'white paper' yang untuk pertama kalinya menyebut uang digital bitcoin. Peer-to-peer electronic cash atau mungkin bisa disebut sistem elektronik gotong royong.

Beberapa bulan kemudian, Satoshi Nakamoto merilis software Bitcoin untuk pertama kalinya dengan ber-patrner bersama pengembang dan pengkoding online untuk membuktikan kepada khalayak.

Pengembangan Bitcoin berlanjut sampai akhirnya sosok Satoshi Nakamoto pun menghilang bak ditelan bumi. Tapi, Satoshi Nakamoto tidak hilang begitu saja tanpa membawa 'sesuatu'.

Menurut CEO Indodax, Oscar Darmawan, siapa Satoshi Nakamoto tidak penting. Alasannya, inovasi bitcoin dan blockchain ini berjalan secara open source hingga setiap developer seluruh dunia bisa berperan serta mengembangkan teknologi ini.

"Selain Bitcoin sendiri yang hadir sebagai safe aset class untuk membantu investasi dan penyelamatan kekayaan, teknologi Bitcoin yang dikenal sebagai Blockchain sudah turut membantu banyak perkembangan teknologi yang sebelumnya sentralisasi jadi desentralisasi, yang membuat perubahan cukup banyak di bidang teknologi," ujarnya.

"Jadi kalau dikatakan, secara tidak langsung Bitcoin turut mengubah dunia adalah benar, khususnya melalui teknologi Blockchain yang lahir bersama dengan Bitcoin."

Related

News 4940263339544031403

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item