Ternyata Begini Proses Lebah Membuat Madu di Alam Liar

Ternyata Begini Proses Lebah Membuat Madu di Alam Liar, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Lebah membuat madu secara terus menerus, karena madu adalah makanannya. Seluruh proses pembuatan madu yang dilakukan lebah adalah cara menyimpan makanan untuk koloninya.

Lebah membuat madu dengan cara mengunjungi bunga dan meminum nektarnya. Setelah itu, lebah membawa nektar ke sarangnya di dalam kantong madu. Kantong madu adalah pembesaran saluran pencernaan berbentuk seperti kantong, yang berada tepat di sebelah depan lambung lebah. Ada katup yang memisahkan bagian itu dari lambung.

Ketika nektar masih berada di dalam kantong madu, pembuatan madu sudah mulai terjadi. Gula yang terkandung di dalam nektar mengalami perubahan kimiawi. Proses selanjutnya adalah menghilangkan sebagian besar air dari nektar. Hal itu dilakukan dengan cara evaporasi (penguapan), yang terjadi karena panas dari sarang, dan dengan ventilasi.

Madu yang disimpan dalam ruang-ruang kecil sarang (honeycomb) oleh lebah madu, telah banyak sekali kehilangan air dari nektar semula, sehingga madu bisa disimpan hampir selamanya tanpa menjadi basi atau busuk.

Lebah memasukkan madu ke dalam ruang kecil sarang agar menjadi matang, dan berfungsi sebagai persediaan makanan di masa depan bagi seluruh koloni.

Madu memiliki rasa dan penampilan yang berbeda, tergantung dari sumber nektarnya. Manusia mengambil madu dari sarang lebah dengan beberapa cara. Di antaranya dengan memeras madu secara langsung dari sarangnya, atau menggunakan mesin yang disebut pemeras madu (honey extractor).

Related

Science 6282401789550863784

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item