Ternyata Ini Asal Usul Munculnya Istilah Kelinci Percobaan

Ternyata Ini Asal Usul Munculnya Istilah Kelinci Percobaan,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Para ilmuwan sering menggunakan hewan untuk melakukan uji coba—khususnya uji coba obat-obatan—untuk melihat hasilnya, sebelum digunakan pada manusia. Dalam hal itu, salah satu hewan yang sering digunakan sebagai bahan percobaan adalah kelinci.

Alasan pemilihan kelinci sebagai objek percobaan adalah karena hewan itu relatif bersih, dan mudah dibiakkan. Dari situlah kemudian munculnya istilah kelinci percobaan.

Selain kelinci, tikus juga menjadi hewan yang sering digunakan dalam percobaan di laboratorium, sehingga muncul pula istilah tikus lab.

Sebenarnya, hewan yang memiliki struktur genetika paling dekat dengan manusia adalah primata, karena diperkirakan lebih dari 90 persen struktur genetika mereka mirip manusia. Karenanya, monyet juga sering dijadikan objek uji coba di laboratorium.

Namun, penggunaan monyet atau primata lain yang memiliki struktur gen mirip manusia banyak mendapat tentangan, karena secara moral dianggap tidak etis. Selain itu, faktor pelestarian mereka juga menjadi isu penting akhir-akhir ini.

Related

Science 2818964398246179150

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item