Tips Menghadapi New Normal agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Virus

Tips Menghadapi New Normal agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Virus, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Munculnya wabah COVID-19 menimbulkan dampak pada kehidupan kita. Saat menjalani karantina karena penyebaran virus Corona, kita diwajibkan untuk sering mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Sekarang, kita harus menjadikan itu sebagai suatu kebiasaan untuk menghadapi new normal. 

Dalam periode ini, berbagai sektor bisnis akan kembali dibuka secara bertahap, dan kita akan kembali beraktivitas di luar rumah. Situasi ini tentu membawa kekhawatiran, karena kita akan bertemu banyak orang di tengah kondisi COVID-19 yang belum sepenuhnya usai. 

dr. Haekal Anshari M. BIOMED (AAM) menjelaskan hal-hal yang harus diketahui agar terhindar dari virus saat menghadapi new normal. Simak penjelasan lengkapnya. 

Keluar rumah hanya untuk keperluan yang penting 

Walaupun keadaan sudah mulai kembali seperti normal, tetap usahakan kita tidak terlalu banyak berada di luar rumah.

Kita tidak tahu virus COVID-19 ada di sekeliling kita atau tidak, jadi tetap di rumah bila tidak ada keperluan penting. Apalagi kurva penularan virus di sebagian wilayah Indonesia belum menurun. 

Disiplin menjalankan protokol kesehatan new normal 

Pemerintah telah menyiapkan protokol tatanan normal baru agar berjalan kondusif dan produktif. Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 telah menyusun protokol new normal.

Di antaranya adalah mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, terapkan etika batuk dan bersin, jaga jarak sosial, hindari menyentuh wajah, menjaga kesehatan, dan isolasi mandiri bila merasa tidak sehat. 

Rutin olahraga 

Olahraga di pagi hari sambil berjemur bisa membuat daya tahan tubuh terjaga. Tapi saat berolahraga, hindari kerumunan dan tidak di tempat gym.

Kita bisa melakukan gerakan olahraga di rumah saja dengan melihat instruksi olahraga di Youtube. Selain itu, olahraga dapat mengurangi stres karena memproduksi hormon endorfin. 

Kelola stres dengan baik 

Menghadapi situasi new normal membuat sebagian orang merasa tertekan. Mereka tidak bisa beradaptasi dengan tatanan normal baru yang wajib dilakukan. Dengan keadaan yang tidak biasa ini, membuat sebagian jadi merasa ketakutan menghadapi pandemi. 

dr. Haekal menyarankan kita untuk menerima dan bersedia terhadap kondisi new normal, sehingga kita bisa mudah beradaptasi dan memutus rantai penularan virus. 

Jalankan pola makan sehat dan teratur 

Menjalani gaya hidup dan pola makan sehat menjadi salah satu cara sederhana untuk menjaga imun tubuh. Jika kekebalan tubuh lemah, penyakit infeksi akan mudah menyerang tubuh kita.

Jadi tindakan awal dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah pola hidup sehat dan gizi seimbang. 

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Tips 1314812187228398449

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item