Air Rebusan Lengkuas Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Air Rebusan Lengkuas Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Bicara bumbu dapur atau rempah-rempah, kunyit dan jahe adalah yang paling populer. Jarang ada yang membahas mengenai manfaat lengkuas. Bahkan, kebanyakan orang hanya menggunakannya sebagai bumbu dapur dan penyedap masakan.

Padahal, bumbu dapur yang memiliki nama lain laos ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Salah satunya dapat meningkatkan stamina pria. Benarkah demikian?

Dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, Spesialis Farmakologi, dr. Wawaimuli Arozal, M.Biomed., Pharm.D, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, lengkuas memang dapat meningkatkan stamina, terutama pada pria dewasa.

"Kaitannya dengan usia 45 tahun pada laki-laki, ada suatu penelitian yang mengatakan bahwa konsumsi lengkuas bisa meningkatkan stamina pada pria dewasa. Karena penelitiannya sudah ada, bahwa dia mampu meningkatkan produksi sperma dan meningkatkan mortilitas dari spermatogenesis, " ujarnya di studio tvOne.

Tapi, Wawaimuli turut memperingatkan bahwa rempah satu ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak maupun ibu hamil. Namun, herbal ini cukup aman digunakan untuk usia dewasa.

Selain meningkatkan stamina, konsumsi air rebusan lengkuas juga diketahui mampu menghilangkan rasa sakit, berkat kandungan anti inflamasi yang terdapat di dalamnya. Namun, Wawaimuli turut memberikan catatan penting mengenai herbal ini, terkait manfaatnya. 

"Tetapi, tidak semua bisa diatasi dengan lengkuas. Jadi, ada sakit-sakit atau peradangan tertentu yang secara ilmiah bisa dibuktikan dapat menggunakan lengkuas ini. Biasanya sakit-sakit yang disebabkan oleh sendi, itu bisa dibantu dengan penggunaan lengkuas. Jadi tidak semua sakit ya, hanya sakit-sakit sendi, tidak bisa digeneralisir," tuturnya.

Spesialis farmakologi itu turut mengupas manfaat lain lengkuas yang bisa digunakan untuk menghilangkan pegal-pegal. Bagaimana cara mengolahnya?

"Dengan cara diparut, direbus, jangan lupa disaring, kemudian diminum secara teratur. Kalau dioles tidak seefektif seperti diminum," kata dia.

Related

Health 2380332471258469110

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item