Anak di Bawah 2 Tahun Tidak Perlu Pakai Masker, Ini Penjelasan Dokter

Anak di Bawah 2 Tahun Tidak Perlu Pakai Masker, Ini Penjelasan Dokter,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Di masa pandemi virus corona, masker merupakan hal yang wajib dimiliki setiap orang. Bila terpaksa keluar rumah, Anda, pasangan, ataupun anak, harus menggunakan masker untuk mencegah penularan virus berbahaya tersebut. Begitu yang disampaikan Dokter Spesialis Anak, dr. Citra Amelinda, Sp.A, IBCLC, MKes.

"Jadi kita ngejagain orang lain biar tidak ketularan sama kita," katanya dalam ZAP Virtual Press Conference 2020 belum lama ini.

Meski begitu, usia anak yang wajib menggunakan masker ternyata perlu diperhatikan. Anak-anak di bawah 2 tahun, menurut dr. Citra, ternyata tidak perlu pakai masker.

Sebab pada usia tersebut, lebih banyak kerugian daripada manfaat dari penggunaan masker. Ini karena saluran napas anak di usia tersebut berbeda dengan orang dewasa, sehingga penggunaan masker bisa memengaruhi pernapasannya.

"Anak di bawah 2 tahun tidak usah pakai masker karena bentuk saluran napas anak sama dewasa tentu berbeda, dan itu lebih banyak bahayanya daripada keuntungannya," jelas dr. Citra.

Lantas, bagaimana dengan menggunakan face shield? Ya, face shield kini juga kerap digunakan untuk melengkapi perlindungan diri dari bahaya virus corona. Tapi dr. Citra mengatakan bahwa menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penggunaan face shield tidak dianjurkan, karena tidak efektif mencegah virus corona.

"Plastik mika itu cuma (bagian) depannya saja. Kumannya itu kecil sekali, jadi tetap bisa masuk," ungkapnya.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk melindungi anak kita?

dr. Citra tidak menyarankan anak pergi keluar rumah di tengah situasi pandemi ini. Hanya saja, bila terpaksa harus pergi seperti untuk imunisasi, maka harus melakukan protokol kesehatan.

Ingatkan anak Anda untuk tidak menyentuh mata, wajah dan mulut, kemudian cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, segera pulang setelah keperluan selesai, ganti baju, dan mandi.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Parenting 8887185945627534713

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item