Aneh, Ikan Langka Asal Sungai Amazon Ditemukan di Danau Malaysia

Aneh, Ikan Langka Asal Sungai Amazon Ditemukan di Danau Malaysia, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Ikan-ikan jenis tertentu hanya hidup di habitat tertentu pula. Namun, ketika ikan jenis tertentu ditemukan di habitat lain yang bukan asalnya, tentu ini membuat orang bertanya-tanya.

Bagaimana bisa ikan itu berada di sana?

Dilansir dari Asiaone, seekor ikan besar yang kemudian diketahui berasal dari Sungai Amazon, ditemukan mati mengambang di sebuah danau di negara bagian Sabah, Malaysia. Ikan itu ditemukan oleh seorang pelari sekitar pukul 6.30 pagi.

Hal yang juga mengejutkan adalah karena ukuran ikan itu terbilang besar. Beratnya mencapai 108 kilogram dan panjangnya sekitar 2,4 meter. Ikan besar itu diidentifikasi sebagai Arapaima, yang berasal dari Sungai Amazon.

Dikutip dari National Geographic Indonesia, ikan Arapaima adalah salah satu jenis ikan air tawar terbesar di dunia. Sementara penelitian menyebut bahwa ikan Arapaima termasuk salah satu jenis ikan yang hampir punah.

Foto ikan besar yang ditemukan di sebuah danau di Sabah itu pun beredar luas di media sosial dan membuat penduduk setempat tergelitik rasa ingin tahunya. Mereka bertanya apakah danau yang dulu dilindungi itu sekarang terbuka untuk memancing.

Menanggapi rasa penasaran para warga, walikota Nordin Siman mengatakan bahwa taman itu masih di bawah manajemen Balai Kota dan tidak ada yang diizinkan memancing di danau.

"Ikan itu sudah mati ketika seorang pelari melihatnya, dan kami mengirim orang untuk memeriksanya," katanya.

Dia menambahkan bahwa pejabat dari Departemen Perikanan dan tim peneliti Sabah Universitas Malaysia akan mencari tahu penyebab kematian ikan itu. Namun, untuk saat itu mereka percaya bahwa kematian ikan besar itu dikarenakan usianya yang sudah tua.

Ketika ditanya tentang bagaimana ikan dari spesies yang berasal dari Amazon berada di danau itu, Nordin mengatakan bahwa seorang peternak ikan mungkin telah melepaskannya di sana bertahun-tahun yang lalu, karena orang tersebut tidak dapat merawatnya lagi.

Related

News 8598025365360529237

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item