Apakah Virus Corona Bisa Bertahan di Kulkas dan Freezer? Ini Jawaban Ahli

Apakah Virus Corona Bisa Bertahan di Kulkas dan Freezer? Ini Jawaban Ahli, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Banyak yang bertanya-tanya, bisakah virus corona bertahan di lemari es atau kulkas? Jawabannya adalah kemungkinan besar bisa bertahan cukup lama, untuk itu diperlukan beberapa antisipasi.

Mengutip NBCbayarea, yang mewawancara virologis dan ilmuwan dari Gladstone Institute, Dr Warner Greene, pada prinsipnya virus corona adalah virus yang sangat bandel dan bisa menempel cukup lama di permukaan benda, termasuk kulkas.

Untuk itu, sebelum memasukkan makanan ke dalam lemari es, pastikan Anda mendisinfeksinya.

"Virus corona, pada dasarnya, adalah virus lengket. Mereka dapat bertahan hidup untuk periode waktu yang cukup lama di permukaan benda, meskipun di permukaan tampaknya sudah mati," kata Dr. Greene.

Penelitian masih berlangsung untuk jenis virus corona saat ini yang menyebabkan COVID-19. Sebuah studi 2010 oleh American Society for Microbiology menyelidiki efek suhu dan kelembapan pada virus corona SARS, yang terkait erat dengan virus COVID-19 (secara resmi bernama SARS-CoV-2). 

Para ilmuwan menemukan bahwa virus corona berkembang dalam kelembapan rendah dan suhu di bawah 40 ° F, dan lingkungan yang sama itu ditemukan di dalam lemari es biasa.

Greene mengatakan bahwa itu adalah alasan mengapa ia perlu merekomendasikan semua orang untuk mendisinfeksi semua barang grosir sebelum masuk di lemari es atau freezer.

"Intinya adalah, Anda tidak akan pernah memasukkan apa pun ke lemari es Anda tanpa didekontaminasi terlebih dahulu. Untuk bahan makanan dan kotak-kotak dan hal-hal seperti itu, saya dan istri saya melakukan ini, seperti ambil handuk, rendam dalam Lysol, dan kemudian benar-benar membersihkannya ke permukaan yang keras dari produk makanan," ungkap dia.

Greene mengatakan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini setiap kali membawa pulang bahan makanan. Berikut caranya:

Siapkan mangkuk atau ember desinfektan, sebaiknya berbasis alkohol. Ada dua hal yang dapat melarutkan membran virus corona. Anda dapat menggunakan alkohol untuk melakukan itu, atau sabun dan air.

Jika Anda tidak memiliki akses ke disinfektan dapur, dia menyarankan untuk membuatnya sendiri dengan pemutih baju yang diencerkan. Ia merekomendasikan untuk menggabungkan 1/3 cangkir pemutih dengan satu galon air. Jika tidak, tambahkan sabun ke air hangat.

Selanjutnya, rendam handuk dalam larutan pembersih, dan peras. Gunakan handuk basah untuk menyeka permukaan setiap wadah makanan secara menyeluruh, seperti tas, kotak, botol, kaleng. 

Pastikan Anda melakukannya di permukaan yang bersih, seperti meja yang telah didesinfeksi.

Sebaiknya jangan hanya di kulkas. Lakukan juga disenfeksi pada wadah makanan sebelum dimasukkan ke dapur atau lemari juga.

Badan Administrasi Makanan dan Obat-obatan A.S. Amerika Serikat memiliki panduan yang bermanfaat.

Cuci tangan Anda setelah selesai, secara rutin. Cuci tas belanjaan Anda yang dapat digunakan kembali. Pastikan dicuci dengan mesin.

Bagaimana dengan freezer? Greene mengatakan, tidak jelas apakah virus corona dapat bertahan hidup pada suhu di bawah nol, tetapi itu adalah ide yang baik untuk mensterilkan bahan yang beku.

"Dalam freezer, itu sedikit lebih bermasalah bahwa virus corona bisa bertahan dari pencairan beku," katanya.

Greene dan timnya telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk meneliti HIV, dalam mencari vaksin dan penyembuhan. Sekarang, dia mengatakan timnya telah berputar pada virus COVID-19.

"Kami bekerja sangat keras menggunakan obat uji (prosedur penelitian) tertentu, untuk melihat apakah ada di antara mereka yang dapat memblokir langkah paling awal dalam siklus hidup virus. Kami sedang bekerja keras mencoba mengidentifikasi apakah mungkin ada obat yang ditingkatkan yang dapat dengan cepat berperan, sebagai antivirus baru untuk virus corona khusus ini," kata dia.

Greene dan ilmuwan lain di Gladstone Institutes sebagian besar didanai oleh dana hibah, dan mereka mencari sumbangan untuk membantu penelitian virus corona COVID-19.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Science 9010141651965013640

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item