Cara Bikin Video Screen Recording Resolusi Full HD di Ponsel Oppo

Cara Bikin Video Screen Recording Resolusi Full HD di Ponsel Oppo, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Saat ini, aplikasi screen recording menjadi penting dan sering dipakai oleh pengguna smartphone. Beruntung bagi kalian yang memiliki smartphone Oppo, karena di dalamnya sudah ada fitur Screen Recording, tanpa perlu instal aplikasi lagi.

Fitur Screen Recording sudah bisa digunakan untuk semua smartphone Oppo yang menjalankan sistem ColorOS 6.1 ke atas. Fitur ini juga telah hadir di ponsel Oppo A92 yang menggunakan ColorOS 7.1 berbasis Android 10.

Hal menarik dari fitur ini adalah tidak hanya mampu merekam aktivitas pengguna menjalankan berbagai aplikasi atau fitur lain di layar ponsel, tetapi juga bisa merekam sekaligus dengan kamera depan dan dengan suara dari luar. 

Keunggulan ini memungkinkan pengguna Oppo dapat merekam video selayaknya streamer game. Jadi, kamu bisa merekam sambil bermain game dan memberikan komentar atau pendapat dalam video tersebut secara bersamaan.

Kualitas perekaman screen recording juga bisa diatur. Pilihan kualitas mulai dari Low 480p, Medium 720p, dan High 1080p. Besaran file video yang dihasilkan bergantung, juga dengan pilihan kualitas atau resolusi yang kamu gunakan.

Untuk lebih lengkap soal pengaturan Screen Recording bisa dilihat di bawah ini.

Masuk ke menu atau aplikasi "Settings"
Selanjutnya, buka menu "Additional Settings"
Pada halaman berikutnya, kamu pilih menu "Screen Recording"

Ada fitur yang perlu disesuaikan dengan keinginan masing-masing pengguna. Seperti "Record Microphone Sound" untuk mengaktifkan perekaman suara dari microphone, sehingga suara kamu dan sekitar dapat masuk ke video.

Selanjutnya, "Front Camera" untuk mengaktifkan perekaman kamera depan. "Video Resolution" untuk kualitas perekaman. Kemudian, "Display Orientation of Generated Video" untuk menentukan orientasi layar perekaman apakah vertikal atau horizontal.

Cara pakai Screen Recording 

Untuk memakai fitur Screen Recording, bisa dari Quick Menu. Caranya, swipe atau geser layar dari bagian atas ke bawah untuk menampilkan Quick Menu. Selanjutnya cari dan tekan Screen Recording.

Di ponsel Oppo A92 ada cara lain yang bisa digunakan, yaitu melalui Smart Sidebar. Caranya, swipe atau geser layar dari bagian kiri ke kanan untuk menampilkan Smart Sidebar. Kemudian cari dan tekan Screen Recording. 

Setelah Screen Recording diaktifkan, maka akan muncul menu "Record". Untuk memulai perekaman bisa menekan tombol merah. Ketika mulai merekam, menu "Record" tidak akan masuk ke dalam video.

Apabila kamu sudah selesai, bisa menekan tombol "Stop". Proses perekaman akan terhenti dan video akan tersimpan di ponsel. Kamu bisa melihat hasil rekamannya di menu "Galeri".

Related

Tips 2752480445982901052

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item