Cek Fakta: Benarkah WHO Menyatakan Pria Berpenis Besar Rentan Tertular Covid-19?

Cek Fakta: Benarkah WHO Menyatakan Pria Berpenis Besar Rentan Tertular Covid-19?  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Beredar narasi yang menyebutkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa pria dengan penis besar lebih rentan tertular virus corona Covid-19. Narasi tersebut beredar luas di media sosial.

Narasi itu diunggah melalui akun media sosial Facebook. Salah seorang pengguna mencantumkan link berita dari media BBC-News.us dengan judul artikel 'WHO: Pria berpenis besar lebih rentan tertular covid-19'.

Pada deskripsi artikel disebutkan bahwa temuan itu disebutkan dalam konferensi pers WHO. "Hasil riset ini diungkapkan dalam konferensi pers di markas besar WHO di Jenewa, minggu (17/5/) siang."

Benarkah narasi yang dimuat dalam media tersebut?

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran Tim CekFakta, narasi yang dimuat dalam media BBC-News.us adalah narasi yang salah. Link artikel dari BBC-News.us bukan berasal dari media mainstream BBC News.

Saat tim CekFakta membuka link yang dimuat dalam media sosial tersebut, muncul laman pembuatan berita hoaks bernama The Fake News Generator.

Pada bagian kanan laman tertulis "You clicked this fake news story. Now Make your own! (Anda mengklik artikel berita hoaks. Sekrang buatlah berita hoaksmu sendiri!)"

Dalam laman tersebut, siapa pun bisa membuat judul berita hoaks sendiri, deskripsi berita, hingga foto sesuka hati. Bahkan, siapa pun bisa memilih portal media besar yang dicatut namanya untuk meyakinkan orang bahwa berita hoaks tersebut merupakan berita sungguhan.

Sejumlah media internasional yang dicatut dalam laman tersebut antara lain CBS-News.us, Aljazeera.com, BBC-News.us, CNN-Breaking-News.com, dan The-Young-Turks.com.

WHO telah mengumumkan kelompok orang yang rentan tertular virus corona. Virus akan mudah menginfeksi orang-orang dengan penyakit bawaan seperti asma, diabetes bahkan jantung, sehingga menyebabkan infeksi Covid-19 semakin parah.

Selain itu, kelompok orang-orang lanjut usia (lansia) juga rentan tertular virus tersebut. Sebab, seiring bertambahnya usia mengalami penurunan berbagai fungsi tubuh.

Dalam jurnal, penelitan hingga pemberitaan manapun, tidak ditemukan bahwa WHO pernah menyebutkan bahwa pria dengan penis besar berpeluang besar terinfeksi virus corona.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas maka disimpulkan bahwa narasi yang menyebutkan pria dengan penis besar rentan terinfeksi virus corona adalah narasi yang salah. Narasi tersebut masuk dalam kategori konten hoaks.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 7210878951640938425

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item