Dokter Tidak Anjurkan Wanita Pakai Pembersih Organ Intim, Ini Alasannya

Dokter Tidak Anjurkan Wanita Pakai Pembersih Organ Intim, Ini Alasannya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Menjaga kebersihan organ intim wanita perlu dilakukan agar terhindar dari kuman yang bisa menyebabkan penyakit. Tapi, untuk membersihkannya, Anda tak perlu menggunakan sabun pembersih antiseptik khusus organ intim, apalagi jika berlebihan. Cukup dengan air bersih.

Demikian diungkapkan dokter spesialis kebidanan dan kandungan, Alvin Setiawan dalam Live Instagram “HPV Vaccine Awareness” bersama dengan aktris Nikita Willy.

Alvin mengatakan, pembersih atau sabun kewanitaan tidak dianjurkan digunakan berlebihan karena ada bakteri yang bersifat baik di sekitar organ intim.

“Ada bakteri yang bersifat baik untuk melindungi masuknya bakteri lain, juga jamur. Kalau menggunakan pembersih kewanitaan yang sifatnya antiseptik, yang mematikan kuman-kuman, takutnya kuman baik tadi ikut mati,” ujar dokter di RS Angkatan Laut Dr. Mintoharjo dan RS Siloam Semanggi, Jakarta, ini.

Kalau kuman-kuman baik itu mati maka kuman jahat dari luar akan mudah masuk. Akibatnya, muncul masalah di organ kewanitaan, termasuk keputihan yang gatal dan berbau.

Alvin mengatakan, vagina cukup dibersihkan dengan air bersih biasa. Tapi kalau khawatir air tidak bersih, misalnya ketika menggunakan toilet umum, lebih baik mencucinya dengan air mineral.

"Lalu dijaga agar tetap kering jangan lembap. Lembap merupakan kondisi yang pas untuk jamur tumbuh,” ujar Alvin.

Keputihan yang berbau dan menyebabkan gatal biasanya terjadi karena adanya infeksi di bagian dalam vagina. Keputihan juga bisa menjadi tanda kanker serviks. Bedanya, keputihan yang menjadi gejala kanker mulut rahim berlangsung lama hingga berbulan-bulan.

Related

Female 4121165526300819333

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item