Ingat, Ini 10 Tanda dan Gejala Utama Terkena Virus Corona (Bagian 2)

Ingat, Ini 10 Tanda dan Gejala Utama Terkena Virus Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ingat, Ini 10 Tanda dan Gejala Utama Terkena Virus Corona - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Masalah pencernaan

Pada awalnya, peneliti tidak berpikir diare atau masalah lambung lainnya yang sering datang dengan flu adalah gejala virus corona. Namun, semakin banyak penelitian tentang korban yang selamat, pendapat itu telah berubah.

"Dalam sebuah studi di luar China, di mana mereka melihat beberapa pasien yang paling awal, sekitar 200 pasien, mereka menemukan bahwa gejala pencernaan atau lambung (gastrointestinal) sebenarnya ada di sekitar setengah dari pasien," kata Gupta pada program berita Hari Baru CNN.

Studi ini menggambarkan subset unik dari kasus-kasus ringan, di mana gejala awal adalah masalah pencernaan seperti diare, seringkali tanpa demam. 

Mata memerah

Penelitian dari China, Korea Selatan, dan bagian lain dunia, menunjukkan bahwa sekitar 1% hingga 3% orang dengan Covid-19 juga menderita konjungtivitis, umumnya dikenal sebagai mata merah muda.

Konjungtivitis, suatu kondisi yang sangat menular ketika disebabkan oleh virus, adalah peradangan pada lapisan jaringan yang tipis dan transparan, yang disebut konjungtiva, yang menutupi bagian putih mata dan bagian dalam kelopak mata.

Tetapi SARS-CoV-2 hanyalah salah satu dari banyak virus yang dapat menyebabkan konjungtivitis, sehingga tidak mengejutkan bagi para ilmuwan bahwa virus yang baru ditemukan ini akan melakukan hal yang sama.

Namun, mata merah muda atau merah bisa menjadi satu tanda lagi bahwa Anda harus menghubungi dokter, jika Anda juga memiliki gejala lain Covid-19, seperti demam, batuk, atau sesak napas.

Kehilangan bau dan rasa

Pada kasus corona yang ringan hingga sedang, hilangnya bau dan rasa adalah salah satu tanda awal Covid-19 yang paling tidak biasa.

"Apa yang disebut anosmia, yang pada dasarnya berarti hilangnya penciuman, tampaknya merupakan gejala yang berkembang pada sejumlah pasien," kata Kepala Koresponden Medis CNN, Dr. Sanjay Gupta.

Menurut American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery, anosmia telah terlihat pada pasien yang akhirnya dites positif untuk virus corona tanpa gejala lain.

Sebuah analisis terbaru terhadap kasus-kasus ringan di Korea Selatan menemukan gejala utama pada 30% pasien adalah hilangnya penciuman. Di Jerman, lebih dari dua dari tiga kasus yang dikonfirmasi menderita anosmia.

Kelelahan

Bagi sebagian orang, kelelahan ekstrem bisa menjadi tanda awal virus corona.  Laporan WHO menemukan bahwa hampir 40% dari hampir 6.000 orang dengan kasus yang dikonfirmasi laboratorium mengalami kelelahan.

Hanya beberapa hari ke karantina, Cuomo sudah kelelahan akibat demam dan penyakit yang diderita oleh penyakit itu.

"Saya sangat lesu sehingga saya bisa menatap ke luar, dan seperti satu setengah jam berlalu. Saya pikir saya tidur siang 10 menit, dan itu adalah tiga setengah jam," kata Cuomo kepada Gupta.
 
Kelelahan dapat berlanjut lama setelah virus hilang. Laporan anekdotal dari orang-orang yang telah pulih dari Covid-19 mengatakan bahwa kelelahan dan kekurangan energi terus berlanjut melewati masa pemulihan standar beberapa minggu.

Sakit kepala dan sakit tenggorokan

Laporan WHO juga menemukan hampir 14% dari hampir 6.000 kasus Covid-19 di Cina memiliki gejala sakit kepala dan sakit tenggorokan, sementara hampir 5% memiliki hidung tersumbat.

Tentu bukan tanda-tanda paling umum dari penyakit ini, tetapi jelas mirip dengan pilek dan flu. Faktanya, banyak gejala Covid-19 dapat menyerupai flu, termasuk sakit kepala dan masalah pencernaan yang disebutkan sebelumnya, sakit tubuh dan kelelahan.

Gejala lainnya masih bisa menyerupai pilek atau alergi, seperti sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. Kemungkinan besar, kata para ahli, Anda hanya terserang flu, tapi setelahnya dapat menyebabkan demam dan batuk juga.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Health 3996820620882344589

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item