Hati-hati, Pasar Masih Sangat Rawan Penularan Virus Corona

Hati-hati, Pasar Masih Sangat Rawan Penularan Virus Corona,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Pemerintah melalui Juru Bicara untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengungkapkan sejumlah tempat yang memungkinkan terjadinya penularan Corona COVID-19.

Yuri menjelaskan, tempat-tempat yang sangat rawan dan memungkinkan terjadi penularan adalah tempat di mana orang akan memungkinkan untuk bertemu berkumpul dengan waktu cukup lama.

Dari beberapa tempat, pasar menjadi salah satu tempat yang rawan terjadinya penularan COVID-19. Meski demikian, Yuri menjelaskan bahwa gugus tugas daerah akan melakukan pengaturan terhadap operasional pasar agar bisa menjalankan protokol kesehatan.

“Gugus tugas daerah akan melakukan pengaturan terhadap operasional pasar agar dipastikan semua pengunjung pasar, semua penjual yang berada di pasar bisa menjalankan protokol kesehatan dengan baik, demikian juga di rumah makan, di warung,” kata Achmad Yurianto di BNPB Jakarta.

Data dari Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), hingga Jumat tercatat sebanyak 768 pedagang pasar tradisional di Indonesia yang terjangkit virus COVID-19. Dari data IKAPPI, kasus tersebut ditemukan ada di 147 pasar yang tersebar di Indonesia.

Dari data itu diketahui, pasar Raya Padang, Sumatera Barat menjadi pasar dengan kasus COVID-19 terbanyak di Indonesia yakni sebanyak 113 kasus dan 3 kasus meninggal. Lalu disusul oleh Pasar Besar di Palangkaraya, Kalimantan Tengah yakni sebanyak 50 kasus dan 2 kasus meninggal.

Kasus konfirmasi COVID-19 di pasar terbesar di tanah air selanjutnya adalah Pasar Kramat Jati di Jakarta Timur yang tercatat ada sebanyak 49 kasus.

Selain pasar, Yuri juga menjelaskan bahwa kantor juga menjadi menjadi salah satu tempat yang paling rawan penularan kasus COVID-19.

“Misalnya di kantor kita harus memperhatikan betul pengaturan tempat kerja sehingga physical distancing atau menjaga jarak dilaksanakan, pastikan sekalipun sudah berada di kantor tetap menggunakan masker dengan benar,” kata Yuri

Dengan demikian, Yuri mengimbau agar masyarakat tetap aman saat menjalankan aktivitas di tengah pandemi COVID-19.

“Ini yang harus disadari bahwa inilah tempat-tempat rawan yang memungkinkan terjadinya penularan. Oleh karena itu inilah pentingnya mengapa kita harus bersama-sama yang kuat untuk menjaga agar kita tetap aman, agar kita tetap produktif agar keluarga kita aman, komitmen ini yang kita butuhkan. Yakin kita bisa melaksanakan ini,” kata dia.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 5408711156731424057

Recent

item