Ini 5 Hal yang Akan Terjadi Jika Manusia Tinggal di Planet Mars

Ini 5 Hal yang Akan Terjadi Jika Manusia Tinggal di Planet Mars, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Beberapa waktu lalu, NASA mengumumkan penemuan air yang mengalir di planet Mars. Penemuan ini menimbulkan dugaan adanya makhluk yang tinggal di sana. Tidak hanya itu, beberapa orang juga mulai mengira-ngira adanya kemungkinan manusia bisa tinggal di Mars.

Kalaupun manusia pada akhirnya bisa tinggal di planet Mars, kehidupan di sana tentu akan sangat berbeda dengan Bumi. Kira-kira, apa yang akan terjadi kalau manusia benar-benar bisa tinggal di Mars?

Punya lebih banyak waktu 

Untuk mereka yang selalu merasa kehabisan waktu, dan selalu kesal dengan waktu yang terasa terlalu singkat, tinggal di Mars bisa jadi pilihan. Pasalnya, planet Mars punya waktu yang lebih panjang dari Bumi.

Di Mars, waktu dalam satu hari lebih panjang satu setengah jam. Selain itu, dalam satu hari, manusia yang tinggal di Mars juga akan mendapat tambahan waktu lebih banyak, karena satu tahun di Mars sama dengan 687 hari. Secara umur, itu artinya penghuni Mars akan lebih muda dari penghuni Bumi.

Butuh sabun dan deterjen lebih banyak

Kebanyakan orang tentu tahu bahwa planet Mars juga disebut Planet Merah. Nama ini tidak lain karena debu berwarna merah yang menutupi planet Mars. Kalau mau tinggal di sana, kamu akan butuh banyak sabun dan deterjen, agar pakaian dan tubuhmu tetap bersih.

Sebenarnya tidak akan terlalu masalah kalau debu-debu ini diam di tanah, jadi paling-paling hanya sepatu kita saja yang cepat kotor.

Masalahnya, di planet Mars juga sering terjadi badai debu yang cukup kuat, dan mampu menutupi seluruh planet dan dengan ketinggian 40 kilometer. Lapisan debu seperti itu bisa bertahan hingga beberapa bulan, dan tentu akan membuat semua barangmu kotor.

Sunblock bakal sangat laris

Jarak antara Mars dengan matahari cukup jauh, sehingga matahari akan terlihat sangat kecil daripada jika kamu melihatnya dari bumi. Tapi jangan tertipu dengan letaknya yang jauh, karena kamu tetap bisa terbakar bahkan lebih parah, daripada ketika kamu berjemur di bumi.

Mars tidak memiliki lapisan ozon yang mencukupi seperti yang ada di atmosfer bumi. Akibatnya, kemungkinan terbakar matahari akan jauh lebih besar di planet Mars. Karena itu, penjualan sunblock sepertinya akan sangat laris di planet Mars.

Banyak lapangan pekerjaan

Kalau manusia akan memulai kehidupan di planet baru, secara otomatis akan muncul banyak lapangan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan di sana. Mulai dari ilmuwan, guru, dokter, bahkan para pekerja kasar, akan banyak dibutuhkan untuk membangun kehidupan baru.

Meski begitu, hidup sebagai penghuni koloni pertama juga tidak akan mudah. Banyak tantangan yang harus ditaklukkan, karena manusia yang tiba di sana harus mulai membangun infrastruktur, agar kehidupan selanjutnya lebih mudah.

Muncul negara baru

Dengan adanya misi Mars ONE dan penemuan-penemuan terbaru yang memungkinkan manusia tinggal di Mars, muncul pertanyaan baru. Pertanyaannya adalah, menjadi wilayah negara mana koloni pertama di planet Mars nantinya?

Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi. Yaitu munculnya negara baru di koloni Mars. Tidak hanya muncul negara-negara baru, nama alamat juga makin panjang, apalagi jika mau mengirimkan barang dengan jasa ekspedisi. Formatnya bisa jadi seperti ini: nama jalan, nomor rumah, kelurahan, kecamatan, kota, provinsi, negara, planet. Wah… panjang, ya!

Related

Science 7622332611421689766

Recent

item