Ini 5 Jenis Olahraga yang Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Ini 5 Jenis Olahraga yang Membantu Tidur Lebih Nyenyak, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Olahraga yang tepat dapat meningkatkan kualitas tidur pada malam hari. Kualitas tidur yang baik diketahui merupakan salah satu faktor yang menjadikan daya tahan tubuh terjaga, apalagi di tengah wabah virus corona.

Ketepatan tipe olahraga yang Anda pilih pun penting untuk ditentukan sejak awal. Terdapat beberapa jenis olahraga yang membuat tidur lebih nyenyak.

Selain jenis olahraga, waktu pelaksanaan olahraga juga memengaruhi kualitas tidur.

Studi menunjukkan, jenis olahraga kardiovaskular, latihan kekuatan, dan yoga efektif meningkatkan kualitas tidur. Olahraga-olahraga menstimulasi adenosin yang dapat membuat tidur lebih nyenyak.

Berikut lima olahraga yang membuat tidur lebih nyenyak.

Jogging

Berjalan santai atau jogging serta berlari dapat membuat tidur lebih nyenyak. Olahraga yang mudah dan murah ini mengaktifkan bagian-bagian tubuh.

Berjalan hingga berlari juga menurunkan tingkat stres sehingga membuat tidur lebih nyenyak.

Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga kardiovaskular yang dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Berolahraga di dalam air membantu mengaktifkan seluruh motorik tubuh. Saat seluruh motorik aktif berolahraga, di malam hari ia akan lebih rileks dan membuat tidur lebih nyenyak.

Bersepeda

Sleep Foundation merekomendasikan olahraga aerobik atau kardio berupa bersepeda, untuk meningkatkan kualitas tidur. Bersepeda dapat membantu melawan gejala insomnia.

Latihan kekuatan

Latihan kekuatan adalah latihan yang membuat otot bekerja lebih keras dari biasanya. Beberapa contoh latihan kekuatan adalah pushup, situp, squat, dan plank.

Otot-otot yang bekerja lebih keras akan berelaksasi di malam hari dan membuat tidur lebih nyenyak.

Yoga

Yoga adalah olahraga yang mengutamakan gerakan yang meregangkan dan merilekskan tubuh. Yoga membuat tubuh lebih tenang dan bernapas lebih baik. Kondisi ini akan membuat Anda tidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

Selain jenis olahraga, waktu melaksanakan olahraga juga penting untuk membuat tidur lebih nyenyak. Dikutip dari situs kesehatan Health Line, untuk mendapatkan tidur yang nyenyak sebaiknya melakukan olahraga 3-6 jam sebelum tidur. Pastikan pula 45 menit sebelum tidur tubuh sudah rileks.

Related

Sports 40134546957897299

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item