Ini Penjelasan Dokter Soal Ukuran dan Bentuk Puting Wanita yang Berbeda-beda

Ini Penjelasan Dokter Soal Ukuran dan Bentuk Puting Wanita yang Berbeda-beda, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Setiap manusia memiliki bentuk tubuh yang unik, dan salah satu keunikan itu adalah puting pada kaum hawa. Tidak ada yang salah dari perbedaan bentuk ataupun ukuran puting seseorang. Bahkan menurut seorang dokter, perbedaan tersebut sangat normal.

"Bentuk areola itu juga bermacam-macam, sama seperti beragam bentuk payudara yang ada," ujar Katharine O'Connel White, direktur dari departemen OB-GYN (Obstetri dan Ginekologi) di Boston University, AS, seperti dilansir INSIDER.

Ia juga menambahkan bahwa ukuran, bentuk, serta warna dari puting sendiri didasarkan dari genetika seseorang.

"Genetika memiliki peran besar dalam ukuran, penampakan, dan bahkan warna dari areola itu sendiri," kata White.

Areola adalah suatu jaringan yang bisa berkontraksi dan membuat puting dapat menjadi tegang ketika seseorang merasa dingin, terangsang, atau saat sedang menyusui.

White menjelaskan, areola dapat bertambah besar ketika seorang perempuan akan mengalami laktasi, dan kemudian dapat juga berubah warna karena hal tersebut. Areola ternyata berubah warna saat menyusui, untuk membantu si bayi agar bisa menemukan puting dengan lebih baik, mempermudah si bayi untuk bisa menyusu.

"Bayi memiliki penglihatan yang buruk, jadi perbedaan kontras antara areola dengan warna kulit payudara membantu mata si bayi untuk melihat dengan fokus," papar White.

Setelah kehamilan, biasanya areola mengecil, tapi ukurannya tidak akan sama dengan ukuran sebelum sang perempuan hamil, demikian White menambahkan. "Warnanya juga bisa menjadi lebih terang, namun tidak akan menjadi seterang sebelum melahirkan."

Kejadian tersebut adalah salah satu perubahan yang tubuh seorang ibu alami setelah kehamilan, dan menurut White membesarnya areola tidak perlu dikhawatirkan.

Operasi plastik untuk puting

Menurut T.Y Steven, ahli bedah plastik spesialis payudara, sebesar 50 persen pasien setelah melahirkan datang kepadanya untuk melakukan prosedur breast lift atau pengencangan payudara.

Selain itu ia juga menjelaskan bahwa ada juga permintaan untuk mengubah puting atau bagian areola di antara pasiennya. Sebenarnya, menurut White, prosedur tersebut apa pun alasannya tidak penting untuk dilakukan.

"Tidak ada hal yang salah dengan areola Anda, baik sudah ataupun belum pernah hamil. Itu adalah bagian dari siapa Anda, dan itulah yang membuat kita unik, berbeda satu sama lain," ujarnya. "Kecantikan adalah variasi dari bagaimana tubuh manusia bisa terlihat."

Related

Science 1153326271333118593

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item