Ternyata Ini Penyebab Kerbau-kerbau di Dunia Suka Menghadap ke Utara

Ternyata Ini Penyebab Kerbau-kerbau di Dunia Suka Menghadap ke Utara, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Di alam liar atau di padang rumput yang luas, kerbau diketahui sangat suka menghadap ke arah utara.

Swabine Begall, seorang ahli binatang dari University of Duisburg Essen, Jerman, pernah membuktikan hal itu. Menggunakan foto satelit dari Google Earth, ia mengamati 8.510 kerbau di 308 lokasi yang berbeda.

Ia juga mengawasi kawanan rusa di Republik Cekoslovakia. Hasilnya sama, kawanan hewan itu suka memandang ke arah utara. Dalam cuaca panas, berangin, hujan, siang atau malam, utara tetap menjadi arah favorit kerbau.

Mengapa kerbau suka menghadap ke arah utara? Belum ada kepastian atau jawaban mutlak untuk pertanyaan itu. Namun, para ahli menduga, kerbau memiliki kemampuan untuk merasakan posisi magnet bumi.

Kenyataannya, bumi memiliki dua pusat magnet, yaitu kutub utara dan selatan. Fenomena alam itu dimanfaatkan untuk menunjuk arah menggunakan alat yang disebut kompas.

Hewan-hewan semisal kerbau menggunakan arah utara sebagai acuan posisi awal. Selanjutnya, ia bergerak menggunakan acuan tersebut, sehingga mereka tak tersesat ketika menempuh perjalanan.

Related

Science 3874358617134363312

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item