Kondisi sedang Susah, Ini Nasihat Pakar tentang Cara Kelola Uang

Kondisi sedang Susah, Ini Nasihat Pakar tentang Cara Kelola Uang, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Ekonomi lagi sulit. Sebaiknya mulai saat ini lebih bijak dan disiplin menggunakan dan mengelola keuangan.

CEO and Chief Planner ZAP Finance, Prita Hapsari Ghozie, menyarankan masyarakat jangan abai dengan situasi perekonomian saat ini. Mulailah berubah meskipun gaji bulanan terus diterima setiap bulan dalam jumlah sama.

"Mulailah membuat perencanaan baru. Tapi tetap tenang, jangan panik. Sikapi dengan baik. Buatlah berbagai perencanaan baru untuk keperluan harian kita. Lakukan penghematan," sarannya.
     
Memang, kata perempuan berjilbab ini, level inflasi masih di bawah 10 persen untuk setahun ini. Angka tersebut cukup memberikan rasa aman. Namun tetap terasa dampaknya ke berbagai barang kebutuhan rumah tangga. "Jadi, bijaklah dalam berbelanja dan tentukan prioritas," sarannya.

Begitu pun dalam aktivitas investasi. Pasar saham sedang sangat fluktuatif. Bagi pemula, Prita mengusulkan, bisa memulai dengan masuk ke reksa dana pasar uang. "Untuk yang sudah punya portofolio berbasis saham, jangan cut loss (jual rugi) jika posisinya sudah turun di bawah 10 persen dari sejak beli," sarannya.

Sementara bagi masyarakat umum dengan perputaran uang terbatas dan belum memiliki investasi, sarannya cukup sederhana. Sisihkan saja setidaknya uang Rp 1.000 per hari. Setidaknya, kata dia, akan membentuk kebiasaan positif untuk menabung.

"Intinya jangan panik. Beli barang produksi dalam negeri dan hemat dalam anggaran," kata dia.

Related

Tips 7273309041290046147

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item