Memaksa Anak Makan Banyak Sayur ternyata Berbahaya, Ini Kata Dokter

Memaksa Anak Makan Banyak Sayur ternyata Berbahaya, Ini Kata Dokter, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Jika selama ini para orangtua bersusah payah untuk membujuk anaknya agar mau makan sayur dan buah, nampaknya harus berhati-hati. Ini karena sayur dan buah banyak mengandung serat, ternyata juga bisa menghambat pertumbuhan anak.

Dokter Spesialis Gizi Hilna Khairunusa Shalihat, M.Gizi, Sp.GK mengatakan serat bisa menghambat penyerapan kalsium dan zat besi yang sangat dibutuhkan anak-anak dalam masa pertumbuhan.

"Jadi pada anak-anak yang butuh zat besi, kalsium justru seratnya kurang (dibutuhkan). Jadi anak-anak jangan makan sayur sebanyak-banyaknya, jadi cukup dengan porsinya," terang dr. Hilna dalam Webinar FibreFirst beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan anak yang baru mulai MPASI belum boleh mengonsumsi serat. Namun jika sudah di atas 1 tahun hingga 2 tahun maka baru diperbolehkan, tapi porsinya juga tidak bisa disamakan dengan orang dewasa.

"Jadi kalau cerita anak-anak usia 6 bulan itu serat belum perlu, kalau udah 2 tahun, mulai dari 1 tahun di usia makan keluarga, itu mulai perlu serat tapi nggak perlu banyak. Kenapa? Bisa bahaya kalau kebanyakan serat," terangnya.

Sementara itu, adapun porsi serat per hari untuk anak berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) Kemenkes RI, kebutuhan serat disesuaikan dengan usianya:

- Anak usia 0 hingga 6 bulan belum tidak dianjurkan mengonsumsi serat.
- Anak usia 7 hingga 11 bulan hanya butuh 10 gram serat per hari
- Anak umur 1 hingga 3 tahun hanya butuh 16 gram serat dalam sehari
- Anak usia 7 hingga 9 tahun hanya butuh 26 gram serat sehari.

Sedangkan bagi anak berusia lebih dari 10 tahun ke atas, kebutuhan serat disesuaikan dengan jenis kelamin anak, seperti berikut:

- Anak laki-laki usia 10-12 tahun: 30 gram serat setiap hari.
- Anak perempuan usia 10 hingga 12 tahun, yaitu 28 gram serat setiap hari.
- Anak laki-laki usia 13 hingga 15 tahun yaitu 35 gram serat setiap hari.
- Anak perempuan usia 13 hingga 15 tahun butuh 30 gram serat setiap hari.
- Anak laki-laki usia 16 hingga 18 tahun, butuh 37 gram serat setiap hari.
- Anak perempuan usia 16 hingga 18 tahun butuh 30 gram serat setiap hari.

Related

Parenting 4187983551230070528

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item