Mengenal Lathi, Lagu Kolaborasi Weird Genius dan Sara Fajira yang Kini Fenomenal

Mengenal Lathi, Lagu Kolaborasi Weird Genius dan Sara Fajira yang Kini Fenomenal,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Grup musik EDM Weird Genius merilis karya perdana pada 2020. Pada singel digital pertama tahun ini, Weird Genius menggandeng vokalis sekaligus rapper asal Surabaya, Sara Fajira.

Kolaborasi ini terbilang apik, lantaran mengandung unsur budaya dengan mengambil judul dari Bahasa Jawa Kuno, yang dibaca “Lathi”, yang berarti ucapan. Singel ini sudah bisa dinikmati di berbagai platform musik digital per 28 Februari 2020 lalu.

Lagu ini dibuka dengan permainan instrumen tradisional yang mengiringi beat powerful yang terasa dinamis sepanjang track.

Di beberapa bagian lagu sedikit rasa melankolis turut disematkan, untuk memberi sentuhan berbeda. Pada bagian bridge, Sara melantunkan sepenggal lirik berbahasa Jawa yang dibawakan dengan cengkok ala sinden.

Lantunan Sara bisa dibilang mewakili sebuah track yang merangkum ciri identitas Weird Genius sebagai grup EDM yang sering menyertakan atribut budaya lokal dalam setiap musiknya.

Proses lagu ini dibuat dengan waktu yang efisien, tak lebih dari satu bulan. Untuk liriknya, terinspirasi dari pengalaman pribadi yang umum dirasakan juga oleh orang banyak.

“(Lirik) Ditulis bareng Weird Genius dengan Sara Fajira," tulis keterangan pers yang diterima media.

Selain itu, hal menarik adalah lagu ini berhasil meleburkan dua bahasa dari dua budaya yang berbeda jauh latar belakangnya.

"Secara musik kami seimbangkan antara EDM masa kini dan lirik berbahasa Inggris dengan elemen tradisional dari instrumen maupun bahasa Jawa,” ucap para personel Weird Genius.

Liriknya bercerita tentang toxic relationship yang didominasi kebohongan dan ego. Meski menekankan sisi gelap hubungan, terdapat makna tersirat tentang keberanian dan pendirian menghadapi hubungan tidak sehat.

Weird Genius merupakan grup musik elektronik yang terdiri dari dua YouTuber serta seorang DJ. Dua YouTuber itu ialah Eka Gustiwana dan Reza “Arap” Oktovian, serta Gerard Liu.

Sebelumnya, media sosial sempat ramai berkat aksi beauty vlogger Jharna Bhagwani membuat lagu "Lathi" dari Weird Genius. Pasalnya, influencer yang baru berusia 17 tahun itu membuat konten makeup dengan tagar #LathiChallenge.

Dalam video yang diunggahnya itu, Jharna memperlihatkan riasan wajah disertai busana tradisional Jawa, dengan musik latar dari lagu "Lathi". Rupanya video dibuat karena banyak yang meminta Jharna melakukan challenge tersebut.

Related

Music 9104756918316150226

Recent

item