Punya Duit Rp 426 Triliun, Orang Terkaya RI Menjalani Hidup Sederhana

Punya Duit Rp 426 Triliun, Orang Terkaya RI Menjalani Hidup Sederhana, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Di Indonesia, orang yang menduduki peringkat teratas sebagai yang terkaya adalah duo kayak-beradik dari Grup Djarum, yakni Robert Budi Hartono dengan kekayaan bersih US$ 13,6 miliar atau Rp 218 triliun, dan Michael Bambang Hartono dengan kekayaan bersih US$ 13 miliar atau Rp 208 triliun.

Jika harta keduanya digabung, berarti mencapai Rp 426 triliun. Dalam urutan 100 dunia, keduanya masuk urutan ke-80 dunia dan 86.

Pertanyaannya, dengan duit sebanyak itu, bagaimana gaya hidup yang terlihat di media massa dan terekam di media sosial? Mengingat keduanya memang jarang muncul di muka publik sebagaimana yang biasa dilakukan Orang Kaya Baru (OKB).

Sederhana

Walaupun menyandang predikat orang terkaya di Indonesia selama 11 tahun berturut-turut, tak lantas membuat Bambang sombong. Itulah kesan yang diperoleh saat menemuinya.

Bahkan Bambang langsung semangat ketika membicarakan soal kuliner dan jajanan makanan favorit. Apalagi mengenai menu sarapan favoritnya jika berada di Kudus, Jawa Tengah.

"Kalau pagi-pagi itu saya selalu cari lentog, enak sekali itu," ungkap Bambang.

Lentog adalah makanan seperti lontong sayur yang beralaskan daun pisang. Satu porsi lentog terdiri dari irisan lontong, tahu, tempe, dan sayur nangka.

Lebih lanjut, Bambang menyarankan untuk mengonsumsi Lentog dengan banyak cabai. Karena makanan itu paling enak disantap pedas-pedas.

"Saya kalau makan lentog, minimal cabe sepuluh," jelasnya dengan bersemangat.

Selain Lentog, Bambang mengaku lebih suka jajanan rakyat yang ada di pinggir-pinggir jalan, bukan makanan yang fancy favorit beberapa masyarakat kelas menengah atau kelas atas lainnya.

"Saya suka sate kambing, sop kambing. Itu semua, saya paling tidak seminggu sekali makan, atau dua kali," kata Bambang.

Namun, dalam pengakuan itu, Bambang agak sedih karena kini ia agak susah menikmati jajanan-jajanan favorit. Hal tersebut dikarenakan semua orang mengenal wajahnya, sejak turut serta dalam Asian Games 2018.

"Jadi, enggak bisa diam-diam lagi. Semua menyapa, waduh. Kalau begini mesti pakai wig atau brengos [brewok] buat menyamar besok-besok," ujarnya disusul dengan tawa.

Ini bukan artinya ia keberatan dikenal atau disapa banyak orang. Bambang hanya ingin menikmati makanan kesukaan dengan tenang, layaknya masyarakat pada umumnya.

"Kalau sekarang banyak minta foto-foto," ungkapnya.

Dari lentog ke tahu pong

Desember tahun lalu, jagad Twitter pun heboh setelah pemilik akun Twitter @ayudh69 alias Agung Yudha, mengunggah foto orang paling kaya se-Indonesia itu sedang makan di sebuah warung sederhana di Semarang, Jawa Tengah.

"Yang sok kaya mentingin gengsi, yang kaya beneran mah lebih mentingin rasa." Begitu cuitan pemilik akun Twitter @ayudh69.

Tampak Bambang, pemilik Grup Djarum dan BCA, khusyuk menikmati Tahu Pong Karangsaru, Semarang.

Selain terkenal doyan makan makanan tradisional, Bambang Hartono pun punya jiwa patriotisme tinggi. Buktinya, ia bahkan mampu menyumbang medali perunggu bagi Indonesia di Asian Games 2018, lewat cabang olah raga Bridge.

Michael Hartono, yang berusia 78 tahun, juga atlet tertua di Asian Games 2018 saat itu. Dia turun bertanding di kategori Supermixed Team cabang olah raga Bridge.

Related

World's Fact 3978728342196609419

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item