Rahasia di Balik Kemampuan China Membangun Proyek-proyek Besar Dalam Waktu Singkat

Rahasia di Balik Kemampuan China Membangun Proyek-proyek Besar Dalam Waktu Singkat, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Mengerjakan proyek pembangunan dalam skala besar dan waktu yang singkat, umum dilakukan dilakukan Cina. Misalnya jalur kereta dalam proyek raksasa Jalur Sutra Baru. Pada 2013, Presiden Xi Jinping ingin mengembalikan kisah kejayaan jalur Sutra itu.

Jinping membangun inisiatif Jalur Sutra Baru dengan nama resmi “Belt and Road Initiative”, sebuah inisiatif yang memakan ongkos lebih dari satu triliun dolar AS. Inisiatif itu didesain untuk menghubungkan Cina dengan 65 persen populasi dunia.

Untuk merealisasikan penciptaan jalur yang menghubung dari Cina ke Asia, Afrika, dan Eropa, mereka menciptakan mesin baru: SLJ900, TBM Slurry, dan Track-Laying Machine. Mengutip Popular Mechanics, SLJ900 disebut merupakan “mesin raksasa asal Cina yang dapat membangun segala jembatan”.

Jurnalis BBC, Tom Calver, dalam salah satu laporannya mengatakan, mesin SLJ900 adalah “mesin serba bisa yang mampu membawa, mengangkat, dan meletakkan blok-blok batu nan berat, lengkap dengan rel kereta di antara pilar demi pilar”.

Dibuat oleh Beijing Wowjoint Machinery Company, mesin yang berjuluk “Monster Besi” itu memiliki panjang 300 kaki, lebar 24 kaki, dan tinggi 30 kaki. Total, mesin raksasa tersebut berbobot 580 ton.

Dalam laporannya, Calver menyebut SLJ900 bergerak 5 km per jam dan “monster ini bisa menyelesaikan proyek lebih cepat dibandingkan metode tradisional apa pun”.

Kepada Quartz, Helbig menyatakan bahwa pengguna tak perlu khawatir meski SLJ900 dibikin dengan cepat. “Mereka tidak lagi mengerjakan sesuatu dengan sembrono,” tegasnya.

Related

World's Fact 4833797185222974543

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item