Tips Bertahan di Masa Pandemi, Saat Uang Menipis dan Tabungan Habis

Tips Bertahan di Masa Pandemi, Saat Uang Menipis dan Tabungan Habis, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Pandemi Covid-19 yang berlangsung berbulan-bulan menyebabkan perekonomian lesu. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan hingga harus bertahan dengan dana darurat dan tabungan. Tapi sampai kapan? Banyak yang kondisi keuangannya mulai sulit, misalnya dana darurat mulai menipis atau bahkan habis.

Jika hal itu terjadi, apa yang harus dilakukan untuk bertahan di masa sulit ini? Apakah perlu berutang?

"Harus jelas dulu buat apa (berutang), misalnya KPR jadi rumah, KPM jadi kendaraan, bahkan ngutang untuk HP (handphone) pun masih jelas bisa terpakai untuk kerja. Jadi bukan berutang yang tidak kembali misalnya beli makanan. Kalau sedang tidak ada penghasilan jangan berutang," ucap perencana keuangan, Ligwina Hananto, dalam Live Instagram Sophienavitalk.

Daripada berutang, Ligwina menyarankan lebih baik fokus mencari penghasilan lain. Salah satu solusi bertahan dan cepat yang ditawarkan Ligwina adalah berdagang, walau semua orang tidak terbiasa dan nyaman berdagang. Tapi ternyata jika Anda mau mencoba, ada caranya. Sebab semua bisnis bisa dimulai dari dagang atau berjualan.

"Fokus dagang itu di pembeli, misalnya sama-sama jualan makanan, ternyata barang yang sama bisa saling menjualkan di lingkaran pertemanan. Walau produk sama, tapi tidak semua punya networking (jejaring) yang sama," tambahnya.

Untuk jenis barang yang dijual, ia mengungkapkan, jangan hanya terpaku pada makanan. Amati pula kebiasaan masyarakat yang lebih banyak di rumah saja turut mempengaruhi keinginan saat berbelanja.

"Jadi mulai tanaman hidup pakai jastip (jasa titip), perlengkapan rumah tangga seperti bantal sofa, sampai ring light untuk Instagram Live," imbuhnya.

Produk perlindungan diri dan kesehatan juga paling banyak dicari saat pandemi, contohnya masker kain aneka motif, hand sanitizer, hingga face shield atau pelindung wajah.

Selain jeli menjual produk yang dibutuhkan saat pandemi, terapkan pula go digital dengan memanfaatkan aplikasi dan media sosial. "Ternyata digital bisa memangkas jarak geografis, bisa menjangkau banyak orang di berbagai lokasi," katanya.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Tips 4109757887482615495

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item