Wabah Virus Corona dan Guncangan Ekonomi Dunia

Wabah Virus Corona dan Guncangan Ekonomi Dunia, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Wabah. Tak ada yang dapat menyangka kapan ia tiba. Terlebih lagi bila kecepatan sebarnya sedemikian laju seperti wabah virus corona. Ekonomi dunia guncang, tak terkecuali Indonesia. Kurs rupiah dan indeks saham anjlok. Konsumsi domestik dan industri pun terancam.

Skenario paling moderat sekalipun memproyeksikan ekonomi Indonesia tumbuh melambat dibanding tahun-tahun lalu. Karenanya, tolong jaga jarak untuk mencegah penyebaran lebih luas wabah virus corona.

Tak ada yang mengira, sepertinya, wabah yang bermula dari Wuhan, China, akan sedemikian cepat menyebar ke seluruh dunia. Sebarannya tak pandang bulu, dari negara yang dibilang maju sampai yang belum maju.

Kecepatan sebaran wabah ini mendorong sejumlah negara membuat pembatasan lintas batas negara, menutup jalur penerbangan, hingga membatasi interaksi di antara warga negaranya sendiri.

Tujuannya jelas, mencegah dan meminimalisasi penyebaran wabah virus corona. Namun, ini juga berarti satu hal: guncangan ekonomi. Arus pergerakan orang dan perdagangan internasional tersendat. Indonesia bukan perkecualian, baik soal wabah maupun guncangan ekonomi.

Setiap nyawa adalah yang paling berharga saat ini, demikian pula kesehatan semua orang. Sejumlah kebijakan pembatasan interaksi—dari jaga jarak aman hingga pembatasan akses; termasuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah di rumah—saat ini bertujuan untuk itu.

Meski demikian, kebijakan-kebijakan tersebut juga sangat mungkin melahirkan paradoks, berupa surutnya aktivitas ekonomi.

Bagi negara seperti Indonesia yang masih banyak bertumpu pada konsumsi domestik—belanja kita sehari-hari—dan sektor informal, tantangan kali ini tak dapat dibantah akan cukup berdampak.

Tentu, ini juga harus diantisipasi. Bila tak ada tameng yang dipasang sejak awal, ekonomi jangka panjang bisa jadi persoalan baru. Semakin kita ngeyel tak mengikuti protokol jaga jarak, dampak ekonomi pun bisa semakin lama dan tak tertutup kemungkinan jadi buruk sekali.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

World's Fact 6241280969305214140

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item