WHO: Program Vaksin Covid-19 Butuh Dana Rp 425 Triliun

WHO: Program Vaksin Covid-19 Butuh Dana Rp 425 Triliun, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan inisiatif global mempercepat pengembangan dan produksi tes Covid-19, vaksin dan perawatan lainnya, membutuhkan dana lebih dari US$30 miliar (Rp425,7 triliun, kurs US$1 = Rp14.191) tahun depan.

WHO menjelaskan rencana yang dibuat sekarang pada program yang dinamakan ACT (Access to Covid-19 Tools) Accelerator membutuhkan dana US$31,3 miliar.

Sejauh ini US$3,4 miliar telah disalurkan. WHO menyoroti tambahan dana US27,9 miliar dibutuhkan selama 12 bulan ke depan, termasuk US$14 miliar untuk kebutuhan urgen saat ini.

"Ini adalah investasi yang layak dilakukan. Jika kita tidak bergerak sekarang, biaya dan kesulitan ekonomi akan semakin dalam,: kata Ngozi Okonjo-Iweala, utusan khusus ACT Accelerator dalam rapat virtual, disitat dari AFP.

Menurut dia angka yang dikemukakan bisa dianggap terlalu besar, namun dikatakan tidak demikian bila berpikir sebagai alternatif. Kata dia jika miliaran dikeluarkan sekarang bisa menghemat triliunan pada masa depan.

Dana yang diminta ditargetkan mampu mengirimkan 500 juta tes dan 245 juta program pengobatan ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah pada pertengahan 2021.

Selain itu mengirimkan dua miliar vaksin pada akhir 2021 yang setengahnya ditujukan untuk negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

"Jelas untuk mengontrol Covid-19, dan menyelamatkan nyawa, kita perlu vaksin yang efektif, diagnosa, dan terapi, dalam jumlah yang belum pernah terjadi dan kecepatan yang belum pernah dilakukan," ucap Ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 6511557051062612841

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item