Biografi Lengkap Janis Joplin, Musisi Legendaris Dunia (Bagian 1)

Biografi Lengkap Janis Joplin, Musisi Legendaris Dunia naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Janis Lyn Joplin lahir di Port Arthur, pada 19 Januari 1943. Dia adalah penyanyi sekaligus pencipta lagu, dan penulis aransemen asal Port Arthur, Texas, Amerika Serikat. Ia mencapai puncak kesuksesan pada akhir 1960-an sebagai penyanyi solo, setelah sebelumnya menjadi vokalis Big Brother and the Holding Company.

Pada 2004, majalah Rolling Stone menempatkannya di urutan ke-46 dalam daftar 100 Artis Terbesar Sepanjang Masa. Joplin meninggal dunia di Los Angeles akibat overdosis.

Janis Joplin dilahirkan dari ibu bernama Dorothy East (1913-1998) dan ayah bernama Seth Joplin (1910-1987). Ayahnya seorang insinyur di Texaco, sementara ibunya pegawai tata usaha di akademi bisnis. Janis memiliki dua adik, Michael dan Laura.

Kedua orang tuanya merasa Janis selalu minta lebih diperhatikan dibandingkan kedua adiknya. Ibu Joplin berkata, "Dia tidak bahagia kalau tidak [banyak diperhatikan]. Kalau cuma diperhatikan biasa-biasa saja tidak cukup."

Sewaktu remaja, ia berteman dengan kelompok berandalan. Salah seorang temannya memiliki album musisi blues Bessie Smith dan Leadbelly. Kedua artis blues tersebut nantinya menjadi inspirasi bagi Joplin untuk menjadi penyanyi. Joplin mulai bernyanyi di paduan suara lokal, dan mulai mendengarkan penyanyi-penyanyi blues lain seperti Odetta dan Big Mama Thornton.

Di sekolah, ia senang melukis, dan mulai menyanyikan lagu berirama blues dan folk bersama teman-temannya. Ia hampir tidak mempunyai teman di Sekolah Menengah Atas Thomas Jefferson. Joplin pernah berkata, "Aku dulunya anak yang canggung. Aku senang membaca dan melukis. Aku tidak membenci orang berkulit hitam."

Sebagai seorang remaja, ia kelebihan berat badan, dan dilahirkan dengan kulit yang sensitif. Teman-teman di SMA sering mempermainkannya, dan memanggilnya dengan kata-kata yang tidak sopan.

Joplin lulus sekolah menengah atas pada 1960, dan sempat kuliah musim panas di Lamar State College of Technology di Beaumont, Texas, sebelum melanjutkan ke Universitas Texas di Austin, tapi tidak sampai tamat. Pada 1962, surat kabar kampus memuat cerita tentang Janis Joplin, yang diberi judul She Dares To Be Different.

Awal karier

Sebagai seorang pemberontak, idolanya adalah penyanyi blues wanita, dan puisi yang ditulis oleh sastrawan era Beat Generation.

Desember 1962, ketika berada di rumah seorang temannya, Janis Joplin merekam lagu pertama, "What Good Can Drinkin' Do" di sebuah pita kaset.

Ia pindah dari Texas pada 1963, dan tinggal di North Beach, sebelum pindah ke Haight-Ashbury.

Pada 1964, Joplin dan gitaris Jorma Kaukonen (nantinya menjadi anggota Jefferson Airplane) merekam beberapa lagu blues standar. Keduanya ditemani Margareta Kaukonen, yang memakai mesin ketik sebagai perkusi.

Sesi rekaman tersebut menghasilkan 6 buah lagu: Typewriter Talk, Trouble In Mind, Kansas City Blues, Hesitation Blues, Nobody Knows You When You're Down And Out, Daddy, Daddy, Daddy, dan Long Black Train Blues. Keenam lagu tersebut nantinya dirilis sebagai album bootleg, The Typewriter Tape.

Sejak sekitar 1964, kegemarannya terhadap obat-obat terlarang semakin menjadi, dan diketahui sebagai pengguna heroin. Sepanjang kariernya, ia dikenal sebagai peminum berat. Minuman kegemarannya adalah Southern Comfort.

Pada 3 Oktober, Joplin diundang ke Sunset Sound Studios di Los Angeles, untuk ikut mendengarkan musik instrumental yang dikerjakan buat lagu “Buried Alive in the Blues” sebelum mengisi suaranya, namun Joplin tidak muncul, dan jadwal take diundur esok hari. 

Namun Joplin tidak muncul juga, membuat produser Paul Rothchild mulai khawatir. Road manager, John Cooke, meluncur menuju Landmark Motor Hotel, tempat Joplin menginap sejak 24 Agustus.

Setiba di hotel, Cooke melihat mobil Porsche Joplin yang unik, dengan lukisan psychedelically, masih terparkir. Cooke pun menuju kamar Joplin, dan ia menemukan Joplin di lantai, sudah tidak bernyawa. Dari pemeriksaan, dipastikan Joplin meninggal karena overdosis dan kombinasi akibat alkohol.

Berita duka menghantam komunitas blues rock musik yang telanjur mencintai dan terpesona serta menaruh banyak harap pada Janis Joplin.

Sejak kecil, Joplin membutuhkan perhatian lebih dari orang tuanya, karena selalu menunjukkan ketidakbahagiaan dan ketidakpuasan. Masa remajanya dipengaruhi musik African-American Blues Bessie Smith dan Leadbelly. Kemudian, Joplin memutuskan arah hidupnya sebagai penyanyi, dengan bergabung paduan suara lokal, sementara kesenangannya terus berkembang dengan pengaruh penyanyi Big Mama Thornton dan Odetta.

Joplin mulai bergabung dengan kawan-kawan sekolahnya, di Thomas Jefferson High School, sebagai vokalis blues dan musik folk. Sebagai gadis remaja, Joplin memiliki tubuh yang kegemukan, kulitnya pun tidak halus seperti kebanyakan gadis, dan teman-temannya menyebutnya dengan panggilan ‘pig’, ‘freak’ atau ‘creep’.

Joplin menyelesaikan sekolahnya pada 1960, dan melanjutkan studi di Lamar State College of Technology di Texas, kemudian University of Texas di Austin, sekalipun tidak menyelesaikannya.

Lagu pertama Joplin yang direkam pada tape adalah ‘What Good Can Drinkin’ Do’, pada Desember 1962 di rumah kawan masa kuliah. Joplin kemudian pindah ke San Francisco pada 1963. Setahun kemudian, bertemu ‘Jorma Kaukonen’, gitarist Jefferson Airplane, dan merekam lagu blues standar seperti Kansas City Blues, Trouble in Mind, Nobody knows You When You Drown and Out, dan beberapa lagu lain.

Tahun-tahun inilah Joplin makin tenggelam pada drugs, caranya berbusana makin aneh, dan ketergantungannya pada alkohol makin mengkhawatirkan.

Tahun 1966, vokal Joplin yang bluesy menarik perhatian band Big Brother and the Holding Company, sebuah psychedelic rock band yang memiliki penggemar kaum hippie. Joplin direkrut bergabung band ini, oleh promotor Chet Helms, yang pernah menyaksikan tampilannya di Texas. Joplin sepakat bergabung Big Brother pada 4 Juni 1966, dan show pertamanya di San Francisco. 

Baca lanjutannya: Biografi Lengkap Janis Joplin, Musisi Legendaris Dunia (Bagian 2)

Related

Figures 2745585720391074126

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item