Gara-gara PSBB, Kegiatan Belanja Online Masyarakat Naik 18 Persen

Gara-gara PSBB, Kegiatan Belanja Online Masyarakat Naik 18 Persen,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat masyarakat lebih banyak berada di rumah. Hal ini rupanya berpengaruh terhadap kebiasaan belanja online.

Kebiasaan belanja bukan hanya memudahkan masyarakat dalam mendapatkan kebutuhannya. Menurut Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, belanja online juga membantu UMKM dari dampak pandemi Covid-19.

"UMKM ini memang paling terdampak besar akibat pandemi. Tapi ada beberapa UMKM yang bisa memanfaatkan peluang ini bisa bertahan. Yaitu UMKM yang sudah terhubung ke sistem digital," Teten Masduki dalam webinar.

Teten menyampaikan bahwa selama PSBB, kegiatan belanja online masyarakat justru meningkat.

"Data penjualan ecommerce catatan Bank Indonesia, bulan lalu, meningkat 18 persen. Bisa dilihat kenapa penjualan online meningkat karena memang ada kebijakan social distancing, kebijakan PSBB. Karena WFH orang akhirnya belanja lewat oline," ucapnya.

Meski belanja online meningkat, Teten menyampaikan bahwa UMKM yang terhubung dengan ecommerce masih sedikit. Yaitu hanya 13 persen atau sekitar 8 juta.

"87 persennya masih offline. Karena itu transformasi digitalisasi UMKM harus kita percepat," katanya.

Selain karena peran ecommerce, menurut Teten, UMKM yang mampu bertahan saat pandemi karena bisa melakukan adaptasi bisnis dan inovasi produk menyesuaikan dengan permintaan pasar.

"Jadi banyak UMKM yang banting stir. Misal jadi produk makanan, minuman, fasilitas kesehatan, alat olahraga, juga kebutuhan di rumah," ujar Teten.

Related

Indonesia 4548409783546833800

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item