Gara-gara Stigma Negatif Corona, Ratusan Perawat Diusir dari Rumah dan Dijauhi Orang Sekitar

Gara-gara Stigma Negatif Corona, Ratusan Perawat Diusir dari Rumah dan Dijauhi Orang Sekitar, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Tim komunikasi publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan ada 135 perawat yang mengaku diusir dari tempat tinggal karena stigma negatif terkait virus corona.

Hal tersebut didapati berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan terhadap 2.050 perawat di seluruh Indonesia pada awal April 2020. Dari jumlah tersebut, banyak yang mengaku dapat stigma negatif dari orang sekitar.

"Hasil lainnya 135 perawat pernah diminta meninggalkan tempat tinggalnya. 66 responden mengalami ancaman pengusiran," kata dia melalui konferensi pers daring Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sabtu (18/7).

Sedangkan 160 perawat juga mengakui dijauhi orang sekitar. Dan 71 perawat mengatakan ia dijauhi keluarga karena stigma negatif.

Hal ini menurut Reisa tidak membantu penanganan corona di Indonesia. Bahkan hal ini bisa jadi membawa dampak negatif.

"Bahkan menurut pandangan pakar kesehatan, justru bisa berkontribusi terhadap tingginya angka kematian corona karena tidak segera ditangani sejak awal," ujarnya.

Untuk itu, ia meminta masyarakat menghentikan stigma negatif terhadap dokter, perawat, pasien corona dan sanak keluarganya.

Stigma negatif kepada perawat kerap ditemukan khususnya di awal pandemi mulai masuk ke Indonesia. Pada akhir April lalu, ditemukan tiga perawat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bung Karno, Surakarta, Jawa Tengah, diusir indekos mereka.

Pihak rumah sakit mengunggah video pengusiran di akun Instagram resmi rumah sakit. Karena diusir, mereka kemudian dijemput menggunakan ambulans VIP dari tempat kos.

RSUD Bung Karno sendiri tercatat sebagai salah satu rumah sakit rujukan covid-19. Namun kala itu tidak ada pasien positif yang ditangani di sana, melainkan hanya tiga pasien dalam pemantauan (PDP).

Related

News 331674984481760411

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item