Harga Apartemen Rp 26 Juta per Meter Persegi, Masyarakat Terancam Tak Punya Tempat Tinggal

Harga Apartemen Rp 26 Juta per Meter Persegi, Generasi Milenial Terancam Tak Punya Rumah,

Naviri Magazine - Wakil Ketua Umum Aliansi Pengembang Perumahan Nasional (Appernas) Jaya, Indra Utama mengatakan masyarakat semakin terancam tidak memiliki hunian. Tidak hanya Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), kelompok Masyarakat Berpenghasilan Menengah (MBM) dan milenial pun juga ikut terancam harga apartemen sudah terbilang tinggi.

"Saat ini rata-rata harga apartemen, hunian vertikal sudah berada di harga Rp 26 juta per meter, ini sudah sangat sulit dijangkau," kata Indra dalam rapat bersama Komisi Perumahan DPR di Jakarta.

Ini adalah persoalan menahun yang masih terus terjadi. Hingga Maret 2019, angka kebutuhan rumah atau backlog masih mencapai 7,6 juta unit. Sementara setiap tahunnya, jumlah rumah yang dibangun tak pernah lebih dari 1 juta unit.

Menurut Indra, situasi ini terjadi saat harga tanah dan material bangunan terus naik setiap tahun. Saat ini saja, kata dia, harga material bangunan untuk kelompok MBM juga sudah sama degan masyarakat menengah atas.

Padahal seharusnya, Indra menyebut pemerintah bisa melakukan intervensi. Salah satunya mengatur harga material untuk MBM dan MBR. Selain itu, Indra menyebut pemerintah juga seharunya mengontrol harga tanah agar tidak terus naik.

Sementara itu, survei Jakarta Property Institute (JPI) juga mencatat tak semua milenial yang memiliki keinginan untuk tinggal di apartemen bisa langsung membeli atau menyewanya. Sebab, harga apartemen yang terjangkau di Jakarta sudah sangat minim. Harga apartemen juga terus melejit dari waktu ke waktu.

Berdasarkan hasil survei, 82 persen responden hanya memiliki kemampuan mencicil apartemen Rp 3 juta per bulan. Lebih spesifik, 54 persen ingin membayar Rp 1-3 juta dan 28 persen kemampuan membayarnya di bawah Rp 1 juta per bulan.

Namun beda cerita dengan tawaran pengembang. Di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat misalnya. Harga apartemen dipatok Rp 380 juta hingga Rp 667 juta. Dengan harga jual tersebut, nilai cicilannya akan berada di kisaran Rp 3,8 juta - Rp 6,6 juta per bulan untuk tenor 15 tahun.

Related

Property 4057505347575764065

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item