Hari Raya Kurban: Panduan Berkurban di Idul Adha 2020

 Hari Raya Kurban: Panduan Berkurban di Idul Adha 2020, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Hari Raya Kurban atau Idul Adha 2020 akan segera tiba. Anda dapat mulai mempersiapkan diri untuk melakukan ibadah kurban di tahun ini yang bakal berlangsung di masa pandemi infeksi virus corona (Covid-19). Anda tetap bisa menjalankan ibadah kurban di masa pandemi. Berikut cara berkurban di Iduladha 2020.

Kurban adalah ibadah yang dilakukan dengan cara menyembelih hewan kurban pada Hari Raya Iduladha yakni 10 Dzulhijjah hingga tasyrik 11-13 Dzulhijjah. Ibadah kurban merupakan ibadah yang sudah diajarkan sejak masa Nabi Adam AS, Nabi Ibrahim AS, hingga Nabi Muhammad SAW.

Hukum melakukan ibadah kurban adalah sunah muakkad atau ibadah sunah yang sangat dianjurkan. Perintah berkurban terdapat dalam sejumlah surat di Alquran.

"Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah diri-lah kamu kepada-Nya. Dan beri-lah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah)," terjemahan surat Al-Hajj ayat 34.

Ibadah kurban memiliki sejumlah keutamaan yakni menyucikan atau membersihkan harta, bentuk rasa syukur, mendekatkan diri kepada Allah, dan menghapus dosa-dosa.

Di masa pandemi Covid-19, pelaksanaan salat Idul Adha dan ibadah kurban dilakukan berdasarkan protokol kesehatan yang mengacu pada Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, dan juga Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Berikut cara berkurban di Idul Adha 2020

1. Niat

Setiap ibadah mesti dimulai dengan niat. Niatkan diri untuk beribadah kurban di Hari Raya Iduladha hanya pada Allah SWT.

2. Pilih-lah hewan yang akan dikurban

Kategori hewan kurban adalah hewan ternak dapat berupa unta, sapi, kambing, dan domba. Di Indonesia yang paling umum adalah sapi dan kambing.2. Memilih hewan kurban dan menyisihkan harta

Anda dapat berkurban senilai satu ekor hewan ternak tersebut. Untuk satu ekor sapi, boleh pula dibagi dengan tujuh orang lainnya.

Setelah menentukan hewan kurban, sisihkan pula harta atau rezeki untuk berkurban.

Rata-rata berkurban untuk kelompok sapi ukuran sedang sekitar Rp2,3 juta hingga Rp3,5 juta per orang tergantung besar sapi. Sedangkan harga domba dan kambing kurban dimulai dari Rp2,3 juta hingga Rp3,5 juta tergantung berat hewan

3. Mendaftar ke panitia kurban

Pelaksanaan kurban dapat dilakukan sendiri atau melalui panitia kurban yang biasanya terdapat di masjid atau suatu wilayah. Panitia kurban akan mempersiapkan segala sesuatu termasuk membeli hewan kurban.

Tanyakan pada panitia kurban mengenai ketentuan pembayaran dan pelaksanaan kurban dengan detail.

4. Menyembelih kurban

Waktu menyembelih kurban dapat dilakukan tepat pada Hari Raya Iduladha 2020 atau pada hari tasyrik 11-13 Dzulhijjah. Terdapat sejumlah syarat, rukun, dan ketentuan yang harus diikuti ketika menyembelih hewan kurban.

Penyembelihan juga bakal mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona.

5. Membagikan hewan kurban

Esensi berkurban adalah membagikan hewan kurban kepada keluarga, tetangga, kerabat, dan fakir miskin. Hewan kurban dapat diolah dan dinikmati bersama setelahnya.

Membagikan hewan kurban juga dilakukan sesuai protokol kesehatan. Hewan kurban mesti dibersihkan dan dimasak dengan matang untuk mencegah berbagai penyakit.

Related

News 7398868595674785963

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item