Ibadah Haji 2020: Begini Tawaf di Masjidil Haram dengan Social Distancing

Ibadah Haji 2020: Begini Tawaf di Masjidil Haram dengan Social Distancing, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Haji 2020 begitu istimewa karena banyak hal yang serba pertama terjadi dalam sejarah, menyusul wabah corona yang belum berakhir.

Salah satu yang pertama terjadi dalam ibadah haji adalah pelaksanaan tawaf yang menggunakan social distancing alias jaga jarak.

Pada hari pertama ibadah haji, jemaah melaksanakan tawaf qudum atau tawaf kedatangan. Tawaf dilakukan dengan mengelilingi Ka’bah tujuh kali berlawanan dengan jarum jam.

Para jemaah pria dan wanita tampak berjalan rapi sesuai stiker social distancing yang dipasang beberapa hari sebelumnya. Jarak antarjemaah sekitar 1,5 hingga 2 meter.

Jemaah wanita mayoritas mengenakan pakaian berwarna hitam dan tawaf pada lingkaran yang lebih dekat dengan Ka’bah. Dengan demikian jarak yang mereka lalui lebih pendek dibandingkan jemaah lelaki.

Mayoritas jemaah membawa payung untuk melindungi dari terik Matahari. Payung tersebut juga merupakan pemberian dari pemerintah Arab Saudi sebagaimana baju ihram para jemaah.

Dibagi per kelompok

Jemaah haji 2020 yang berjumlah kurang lebih 1.000 orang dibagi dalam sejumlah kelompok. Satu kelompok berisi 20 orang.

Mereka juga satu kelompok dalam rombongan bus dan memiliki grup WhatsApp untuk memudahkan komunikasi. Ketua kelompok memimpin di depan dengan membawa bendera.

Selain ketua kelompok, setiap 50 jemaah juga didampingi petugas kesehatan. Petugas tersebut bertugas mengawasi kesehatan jemaah.

Setelah melakukan tawaf qudum, jemaah selanjutnya menuju penginapan mereka di Mina Towers, sekitar 5 km dari Masjidil Haram.

Biasanya, di Mina jemaah akan tinggal di tenda-tenda, sehingga saking banyaknya tenda di Mina, daerah itu disebut Kota Tenda. Tapi karena jemaah 2020 hanya sedikit, jemaah ditempatkan di Mina Towers, yaitu menara-menara seperti hotel/apartemen.

Related

News 1181052022961022327

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item