Ikan Baru yang Sedang Ngetren, Tiger Fish: Harganya Bisa Mencapai Jutaan

Ikan Baru yang Sedang Ngetren, Tiger Fish: Harganya Bisa Mencapai Jutaan, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Tiger fish, jenis ikan hias endemik sungai di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, sedang menjadi buah bibir. Seorang pengepul di daerah itu mengungkap ikan jenis itu ramai dipesan dari Jakarta dan pernah menjualnya sampai Rp 25 juta seekor.

Dia sendiri membeli dari warga yang menangkap ikan itu rata-rata Rp 200 ribu per ekor untuk yang berukuran 10 sentimeter.

Situs web Balai Riset Budidaya Ikan Hias, Kementerian Kelautan dan Perikanan, mengkonfirmasi kalau ikan harimau endemik Indonesia merupakan salah satu ikan predator yang cukup populer bagi penghobi akuarium.

Warna khas kuning keemasan dengan loreng hitam seperti corak tubuh si raja hutan disebut membuat ikan ini menarik di pandang mata.

"Tigerfish merupakan salah satu jenis ikan hias predator asli Indonesia. Ikan ini banyak dijumpai perairan tawar di Kalimantan, Sumatera, dan Papua," tulis situs web itu.

Tiger fish yang berasal dari Kalimantan dan Sumatera adalah jenis Datnioides microlepis, atau sering juga disebut tiger fish Indonesia. Sedangkan yang berasal dari Papua adalah jenis Datnioides campbelli atau sering juga disebut sebagai Papua Datz.

Selain kedua jenis tersebut terdapat beberapa jenis tiger fish lainnya, yaitu Siamese Tigerfish, Datnioides undecimradiatus, dan Datnioides polota yang biasa ditemukan di sekitaran kawasan Asia Tenggara seperti di Sungai Chao Phraya dan Mekong.

Tidak melulu mungil, ikan hias ini bisa tumbuh hingga berukuran sedang dan cukup besar. Ukurannya disebutkan bisa mencapai lebih dari 25 sentimeter di akuarium, bahkan di alam bisa mencapai ukuran 45 cm. "Umur ikan ini pun terbilang cukup panjang, jika dipelihara dengan baik, umurnya bisa mencapai lebih dari 10 tahun."

Yang juga perlu dicatat adalah bahwa tiger fish bisa merujuk ke beberapa jenis ikan dan Datnioides ini satu di antaranya. Jenis ini, misalnya, berbeda dari tigerfish hydrocynus di Afrika. Sama-sama predator, tapi hydrocynus disebut tiger fish karena barisan giginya yang tajam.

Related

News 6381440801050763213

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item