Jika Usia 21 Tahun tapi Belum Kuasai 5 Hal Ini, Artinya Kamu Belum Dewasa

Jika Usia 21 Tahun tapi Belum Kuasai 5 Hal Ini, Artinya Kamu Belum Dewasa, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Proses seseorang menjadi sosok yang dapat dikatakan dewasa tentu perlu sejumlah fase untuk dilalui. Ada hal-hal yang dapat menjadi tolok ukur bagi seseorang bisa dikatakan telah dewasa.

Jika ada peribahasa yang menyebut usia tua bukanlah jaminan dapat dikatakan dewasa, mungkin ungkapan tersebut ada benarnya juga.

Lantas, apa saja hal-hal yang dapat dijadikan indikasi untuk orang bisa disebut sebagai sosok dewasa?

Berikut 5 hal yang jika belum bisa dikuasai pada usia 21 tahun, maka belum bisa disebut dewasa, seperti yang dilansir IG @mediasehatku:

Memiliki kemampuan dasar memasak

Kamu setidaknya harus tahu kemampuan dasar memasak. Jika kamu tahu dasarnya, maka kamu akan aman pada saat kamu jauh dari keluarga karena kamu bisa mengandalkan dirimu sendiri.

Bayangkan jika kamu bahkan tidak tahu bagaimana cara menyalakan kompor, kamu pasti akan kesulitan jika tidak ada ibumu di dekatmu.

Mampu mengatur keuangan dengan baik

Jangan bilang kamu dewasa, kalau mengatur uang jajan saja kamu kewalahan. Kamu harus sudah ahli mengatur baga imana keuanganmu.

Berapa pengeluaran dan pemasukan, serta untuk apa saja uang yang kamu keluarkan. Mencatatnya akan membantumu mengurangi keborosan. Kamu bisa sekaligus mengevaluasi mana yang sebenarnya tidak perlu di beli dan mana yang tidak.

Tidak mempedulikan omongan orang lain

Jika kamu masih saja peduli soal omongan orang lain terhadapmu, maka kamu belum bisa dibilang dewasa. Kamu harus sudah mulai manata hidupmu tanpa mau diatur oleh pendapat orang lain.

Jika kamu masih merasa jalan di tempat karena terhalang dengan omongan orang lain, maka kamu sendiri yang akan rugi. Tetap jalani masa mudamu tanpa harus peduli tentang yang orang lain katakan. Apapun pendapat mereka, kamu tidak harus peduli.

Tahu tujuan hidup

Belum tahu tujuan hidup juga merupakan tanda bahwa kamu belum dewasa. Setidaknya kamu bisa jawab saat ada yang menanyaimu kamu ini ingin jadi apa.

Karena dengan tahu tujuan hidupmu, maka apa yang kamu lakukan sekarang itu jadi jelas. Kamu tidak berjalan dalam kegelapan yang kamu sendiri tidak tahu kapan ada terang yang memberimu jalan keluar.

Tahu cara berpakaian yang baik

Sebagai anak muda, cara berpakaian juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Jangan hanya karena kamu merasa muda dan bebas melakukan apapun, maka kamu juga berpakaian yang tidak sopan dan tidak pantas dilihat.

Orang lain juga bisa menilai seperti apa kepribadian mu melalui caramu berpakaian. Jadi, sebaiknya kamu berpakaian dengan apa adanya dan sesuai dengan situasi.

Related

Psychology 145159212434428847

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item