Kantor Jadi Tempat yang Rentan Menularkan Virus Corona, Ini Cara Pencegahannya

Kantor Jadi Tempat yang Rentan Menularkan Virus Corona, Ini Cara Pencegahannya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona COVID-19 Achmad Yurianto kasus penularan Covid-19 masih terus terjadi. Ia mengungkapkan salah satu tempat rawan adalah di kantor. Kantor saat ini telah buka dan beberapa karyawan sudah masuk kerja.

Yuri menjelaskan transmisi Corona rentan terjadi pada lingkungan kantor karena ruangan yang tertutup dan ramai. Ada kekhawatiran virus Corona menyebar melalui mikrodroplet yang bisa bertahan lama di udara.

"Identifikasi berikutnya dari penambahan kasus ini, ternyata penambahan kasus banyak terjadi di lingkungan kerja, dengan kualitas udara yang tidak bagus," kata Yuri.

"Ruang kerja tanpa sirkulasi udara yang berjalan dengan lancar, yang hanya mengandalkan sistem pendingin udara dengan sirkulasi udara yang berputar di ruangan itu," tambahnya.

Selain itu beberapa orang juga tidak disiplin terhadap protokol kesehatan, mereka menurunkan kewaspadaannya karena merasa aman berada di tengah rekan kerja yang dikenal. Masker jadi tak dipakai dan sebagian menghabiskan waktu istirahat makan siang untuk ngobrol bersama-sama.

"Meski kita sudah terbiasa bertemu dengan rekan kerja di kantor, perlu diingat bahwa mereka juga berasal dari lingkungan risiko yang beda dengan kita. Oleh karena itu untuk tetap gunakan masker," kata Yuri.

Berikut cara pencegahan penularan Covid-19 di kantor seperti ditulis lengkap detikHealth.

Cara Pencegahan Covid-19 di Kantor:

1. Atur jam masuk kantor menjadi dua bagian (shift). Tujuannya agar kondisi di kantor tidak terlalu ramai.

2. Atur tempat duduk di kantor sehingga bisa menjaga jarak aman 1-2 meter. Bila memungkinkan tambah penyekat di antara meja kerja.

3. Jangan lepas masker di dalam ruangan kantor, usahakan untuk selalu dipakai.

4. Cuci tangan dengan air dan sabun setiap menyentuh peralatan kantor yang dipakai bersama-sama.

5. Buka jendela atau sediakan exhaust fan untuk menjamin sirkulasi udara yang baik di area kantor.

6. Lakukan disinfeksi rutin pada meja kerja atau permukaan lainnya yang sering disentuh bersamaan.

7. Jangan makan siang bersama-sama dengan rekan kerja. Usahakan bawa bekal sendiri dari rumah dan jangan bergerombol ketika sedang istirahat di kantor.

Protokol saat pulang ke rumah dari kantor :

1. Disinfeksi alas kaki dan barang bawaan sepulang dari kantor.

2. Jangan menyentuh benda di dalam rumah sepulang dari kantor sebelum mencuci tangan dengan air dan sabun.

3. Langsung mandi dan ganti pakaian yang bersih.

Related

Tips 2091310394516072696

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item