Kisah Sukses Eka Tjipta yang Anaknya Kini Ribut Soal Warisan Rp 600 Triliun

Kisah Sukses Eka Tjipta yang Anaknya Kini Ribut Soal Warisan Rp 600 Triliun, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Nama mendiang Eka Tjipta Widjaja, pendiri Grup Sinar Mas jadi ramai lagi diperbincangkan. Salah satu anaknya, Freddy Widjaja melayangkan gugatan kepada 5 anak Eka Tjipta lainnya untuk menuntut warisan berupa deretan perusahaan sejumlah ratusan triliun rupiah.

Eka Tjipta memang meninggalkan harta yang berlimpah sejak meninggal pada 26 Januari 2019 yang lalu. Semua hartanya itu dia peroleh berkat kerja kerasnya.

Pria yang lahir pada 27 Februari 1921 ini membangun kerajaan bisnis yang begitu besar. Sinar Mas sekarang adalah salah satu grup bisnis terbesar di Indonesia.

Bisnis keluarga ini bergerak di berbagai sektor, antara lain agribisnis, makanan, komunikasi, teknologi, layanan keuangan, kesehatan, pertambangan, energi, properti, kertas. Cakupan usahanya pun hingga luar negeri.

Berkat kerja kerasnya, pria yang memiliki nama asli Oei Ek Tjhong masuk daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Dia dinobatkan sebagai orang terkaya nomor tiga di Indonesia dengan total harta mencapai US$ 8,6 miliar.

Eka lahir di Quanzhou, China dan pindah ke Indonesia bersama keluarganya pada tahun 1938 atau saat usianya menginjak 15 tahun. Dia dan keluarganya tinggal di Makassar.

Tepat pada 1972, Eka Tjipta mendirikan pabrik yang memproduksi natrium bikarbonat dan menjadi perusahaan kertas pertama Sinar Mas Grup. Pada saat yang bersamaan, dirinya pun mengembangkan bisnis ke sektor properti. Pada saat itu masih bekerja sama dengan Duta Pertiwi yang pada saat itu anak usaha Bumi Serpong Damai (BSD).

Bisnis dari Sinar Mas Grup sempat terpukul oleh krisis keuangan 1998, pada saat itu Eka Tjipta harus menyerahkan Bank Internasional Indonesia kepada pemerintah karena tidak dapat membayar utang yang mencapai US$ 13,5 miliar. Untuk bisa keluar dari jeratan masalah, dirinya pun kembali ekspansi bisnis ke sektor pertambangan dan telekomunikasi.

Setelah berhasil bangkit, Sinar Mas Grup pun kembali merambah ke sektor perbankan dengan mengakuisisi Bank Shinta yang sekarang dinamai Bank Sinarmas. Dari usaha yang dijalani tersebut, Eka Tjipta sudah tergolong sebagai taipan di tanah air.

Namun hal itu tidak membuatnya berhenti mengembangkan bisnis. Pada 2012, perusahaan keluarganya ini menjadi salah satu grup yang pertama berinvestasi di startup. Hingga saat ini, Sinar Mas Grup menjadi perusahaan besar di tanah air.

Wikipedia mencatat Eka Tjipta Widjaja memiliki dua istri yaitu Trini Dewi Lasuki dan Mellie Pirieh Widjaja. Sebagian besar bisnis Sinar Mas kini dijalankan oleh empat orang putranya yaitu Teguh Widjaja, Indra Widjaja, Muktar Widjaja, Franky Widjaja.

Related

News 4216026890226100374

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item