Manfaat Olahraga dengan EMS, Membentuk Otot Sampai Kurangi Selulit

Manfaat Olahraga dengan EMS, Membentuk Otot Sampai Kurangi Selulit, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Fitnes dengan penggunaan alat berteknologi Electrical Muscle Stimulator (EMS) kini menjadi tren baru di dunia kebugaran, khususnya di kalangan kaum urban Jakarta. Sejumlah selebriti seperti Raisa, Luna Maya, Ivan Gunawan dan Alice Norin pun ikut tertarik mencoba latihan berintensitas tinggi dengan alat bernama Mihabodytec ini.

Sebenarnya apa kelebihan EMS Fitnes dibandingkan metode olahraga pada umumnya dan latihan di gym konvensional?

Lebih cepat dan efisien

Latihan dengan metode EMS hanya memerlukan waktu 20 menit karena intensitasnya yang cukup tinggi. Aliran elektronya langsung masuk ke dalam otot dan membuat otot berkontraksi sehingga hasilnya lebih maksimal.

Manfaatnya sama seperti berolahraga selama dua jam di gym konvensional. Oleh karena itu latihan ini cocok untuk para pekerja kantoran atau orang sibuk yang tidak punya banyak waktu untuk berolahraga.

Risiko cedera lebih kecil

Penggunaan alat berat di gym konvensional seperti dumbbell, barbel atau TRX cenderung berisiko mengakibatkan cedera jika salah mengangkat atau menggerakkannya.

"Cedera itu disebabkan karena melakukan gerakan yang salah atau ketika angkat beban kena yang lain selain yang dituju. Mungkin yang dituju otot tapi yang kena justru syaraf atau sendi," tutur Andien Aisyah, penggemar olahraga dan pemilik studio fitnes 20 Fit.

Andien kembali menjelaskan, dengan menggunakan metode EMS kemungkinan cedera bisa diperkecil bahkan tidak ada sama sekali. Sebab ia bekerja langsung ke otot dan bukan bagian lain yang mungkin sebenarnya tidak perlu digerakkan atau dilatih.

Membantu memulihkan cedera

Tidak hanya membentuk dan melatih otot, EMS juga bisa membantu memulihkan kondisi tubuh yang tidak sempurna karena cedera atau pasca stroke. Salah satunya mengatasi sakit punggung akibat melakukan gerakan olahraga yang salah.

"Teknologi EMS ini sebenarnya diciptakan untuk terapi, fisioterapi pasca stroke, pasca injured, surgery, terapi pada sendi kalau ada masalah. Terus 3,5 tahun lalu berkembang jadi alat fitnes. Jadi sebenarnya di alat ini ada fungsi muscle relaxation yang digunakan untuk backpain therapy," jelas wanita ini.

Andien kembali menerangkan bahwa klien-klien pertama yang datang ke tempat gym-nya untuk latihan EMS adalah orang yang awalnya sangat menyukai olahraga, namun berhenti karena mengalami sakit punggung. Cedera punggung yang diderita rata-rata disebabkan oleh cara berolahraga yang salah, atau gerakannya kurang tepat.

"Mereka lama nggak nge-gym karena udah sakit banget dan takut untuk olahraga. Karena olahraga berat, lari tuh udah sakit banget. Makanya latihan di sini dan setelah lima kali latihan, backpain-nya hilang," tutur penyanyi yang kini menjalani bisnis kebugaran tubuh bersama tiga rekannya ini.

Mempertahankan fungsi otot lebih lama

Latihan dengan metode EMS juga baik untuk orang-orang lanjut usia, sekitar 50 tahun ke atas. Di usia lanjut, mereka pun harus menjaga fungsi otot agar tetap bisa beraktivitas normal.

"Karena semakin tua pasti muscle-nya shrinking. Makanya kalau udah tua badan orang-orang tuh pasti lebih kecil karena makin nggak pernah angkat barang ini itu. Ototnya nggak pernah digunakan seintens waktu muda dulu," terang Andien, yang mengaku langsung jatuh cinta begitu pertama kali mencoba alat dengan teknologi EMS ini.

Ketika sudah lanjut usia, latihan yang dilakukan tentu tidak bisa lagi menggunakan alat berat seperti barbel atau resistensi bahu, karena risiko cedera pada lansia lebih tinggi dibandingkan orang muda. Di sinilah kelebihan dari EMS, karena tidak perlu menggunakan alat berat tapi langsung menstimulasi otot.

Mengurangi selulit

Alat ini diklaim juga berfungsi sebagai penghilang selulit. Andien menjelaskan, pada perkembangannya, sekitar 10 tahun yang lalu teknologi EMS ini digunakan untuk alat-alat kecantikan sebagai pembakar lemak dan selulit. Hingga kini alat tersebut masih digunakan di banyak pusat pelangsingan dan pembentukan tubuh.

"Jadi ada manfaat cellulite burner-nya juga. Latihan untuk ototnya dapet, muscle relaxation-nya dapet, menghilangkan selulitnya juga dapet," tukas Andien.

Related

Sports 6846884454764555627

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item