Mengapa Banyak Orang Indonesia Yakin Tak Akan Terlular Corona? Ini Kata Ilmuwan (Bagian 1)

Mengapa Banyak Orang Indonesia Yakin Tak Akan Terlular Corona? Ini Kata Ilmuwan, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Sebuah survei menunjukkan, sebagian besar responden di DKI Jakarta dan Surabaya, dua wilayah dengan jumlah kasus Covid-19 yang tinggi, yakin bahwa kecil kemungkinan bagi mereka untuk tertular virus corona.

Belakangan ini, media sosial pun riuh setelah seorang musisi menuliskan "virus corona tak semengerikan apa yang diberitakan", meski kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat, bahkan telah mencapai lebih dari 90.000 kasus dan 4.000 kematian.

Sosiolog Indonesia di Singapura mengatakan hal itu mencerminkan perspektif risiko Covid-19 yang rendah di antara sejumlah warga. Ia menyebut hal itu salah satunya disebabkan cara komunikasi pemerintah "tidak berdasarkan strategi komunikasi yang transparan, jujur, dan akuntabel".

Namun, hal itu dibantah anggota Kantor Staf Presiden (KSP), yang mengatakan mereka selalu meminta warga mewaspadai Covid-19, tanpa harus "menakut-nakuti warga".

Melalui akun Twitternya, penyanyi Indonesia, Anji, menuliskan bahwa ia percaya Covid-19 itu nyata, tapi tidak semengerikan apa yang diberitakan media. Meski begitu, ia menuliskan bahwa ia tetap menjalankan protokol pencegahan Covid-19.

Pernyataan itu ditulis Anji setelah unggahan sebelumnya, yang mempertanyakan foto jenazah suspek Covid-19 viral di media sosial dan menerima banyak kritikan.

Namun, tak hanya kritikan, sejumlah pengguna media sosial mengungkapkan mereka sependapat dengan Anji, terkait risiko penularan Covid-19, yang mereka sebut tidak semengerikan yang diberitakan.

Sulfikar Amir, sosiolog bencana dari Nanyang Technological University (NTU), Singapura menanggapi hal itu. Ia mengatakan anggapan bahwa 'Covid-19 tidak semengerikan yang diberitakan', mencerminkan persepsi risiko Covid-19 yang cenderung rendah di masyarakat.

Sulfikar tergabung dalam Social Resilience Lab, Nanyang Technological University, yang bekerja sama dengan Lapor Covid-19, mengadakan survei di DKI Jakarta, dan Surabaya.

Hasil survei itu menemukan masih banyak masyarakat yang yakin mereka tak akan tertular virus corona. Di Jakarta, 77% responden survei yakin kemungkinan mereka tertular Covid-19 kecil dan sangat kecil. Di Surabaya, angkanya mencapai 59%. Pemikiran itu mempengaruhi cara mereka menghadapi virus corona, kata Sulfikar.

"Ternyata, tingkat persepsi risiko mereka rendah. Mereka mungkin bawa masker, tapi maskernya dibawa di dompet, di saku, dipakai di dagu, karena mereka menganggap remeh kemungkinan mereka terkena virus corona," kata Sulfikar.

Di sisi lain, ia mengatakan faktor ekonomi sebagai dampak Covid-19, juga berperan terhadap persepsi ini.

"Dari aspek pengetahuan dan informasi lemah, di sisi lain kondisi ekonomi dan sosial minim, sehingga persepsi risiko mereka pun menjadi sangat rendah," katanya.

Ribet pakai masker

Di Surabaya, Iwan, warga berusia 34 tahun, misalnya, jarang mengenakan masker saat bepergian, meski mengatakan dia percaya bisa tertular virus corona.

"Ribet pakai masker, kita susah kalau bernapas. Kalau tertular itu lihat dari suhu badan kita. Kalau badan nggak sehat, pasti kena. Kalau sehat, nggak mungkin kena," kata Iwan.

Saat ini, Surabaya adalah penyumbang terbanyak kasus positif Covid 19 di Jawa Timur.

Pemerintah sebelumnya mengatakan, 70% warga di Jawa Timur tidak memakai masker. Pada Rabu (22/07), jumlah positif Covid 19 di Jawa Timur mencapai lebih dari 19.000 atau tertinggi di Indonesia.

Di Jakarta, Sugandi, seorang pemilik warung di Jakarta Selatan, juga mengatakan dia enggan memakai masker meski ia mengidap diabetes, penyakit yang bisa memperparah gejala Covid-19, jika dia terinfeksi. Ia mengatakan sangat takut terkena virus corona, tapi memakai masker membuatnya tak nyaman.

"Nggak nyaman juga, susah bernapas juga... Saya sama pelanggan jaga jarak saja," katanya.

Baca lanjutannya: Mengapa Banyak Orang Indonesia Yakin Tak Akan Terlular Corona? Ini Kata Ilmuwan (Bagian 2)

Related

News 5845420124906554595

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item