Mengenal Google Scholar dan Panduan Cerdas Menggunakannya

Mengenal Google Scholar dan Panduan Cerdas Menggunakannya,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Google Scholar adalah fitur yang menyediakan layanan edukatif dan membantu pencarian jurnal ilmiah dan publikasi dari berbagai disiplin ilmu.

Dalam proses kerjanya, ketika pengguna memasukkan keyword atau kata kunci di kolom pencarian, maka Google Scholar akan mendeteksi atau menyaring artikel atau tulisan ilmiah yang memiliki sumber terpercaya seperti dari situs universitas, perpustakaan, serta jurnal ilmiah.

Bagi para akademisi baik dosen atau peneliti sudah seharusnya memiliki akun Google Scholar untuk mendukung karya publikasinya diketahui orang secara online dan masif.

Hasil publikasi tersebut tentu saja dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa maupun peneliti selanjutnya dalam referensi karyanya.

Kendati demikian, beberapa orang masih enggan membuat akun Google Scholar padahal proses registrasinya tak sampai membutuhkan waktu hingga 10 menit.

Tips menggunakan akun Google Scholar

Setelah pengguna berhasil membuat atau mendaftar hingga menggunakan akun Google Scholar untuk memublikasi karya ilmiah.

Maka perlu juga beberapa tips penggunaan ini diketahui pengguna lain yang ingin mendapatkan referensi yang paling sesuai dengan bidang keilmuan hingga metode penelitian yang dipakai.

Biasanya golongan ini datang dari para mahasiswa tingkat akhir yang ingin mencari referensi atau sitasi untuk skripsinya.

Berikut tips yang dapat diperhatikan saat melakukan pencarian sesuai isu yang terkait di Google Scholar bagi para mahasiswa atau akademisi:

1. Untuk mendapatkan hasil pencarian artikel terkait yang maksimal, maka pengguna harus menggunakan keyword atau kata kunci sespesifik mungkin.

Misalnya pengguna adalah mahasiswa tingkat akhir ilmu statistik yang ingin menggunakan metode perhitungan 'dekomposisi', maka tinggal ketik kata dekomposisi di pencarian Google Scholar untuk menemukan publikasi terkait yang paling sesuai.

2. Cara pertama masih kurang memuaskan, pengguna dapat melakukan pencarian lanjutan dengan fitur 'advance search' pada sidebar halaman utama. Cara kerjanya, Google Scholar akan memfilter pencarian seefisien mungkin terkait karya publikasi yang dicari pengguna.

3. Jika sudah menemukan artikel pilihan, jangan lupa untuk bookmark atau klik ikon bintang, hal ini dapat menandai artikel tersebut, sehingga memudahkan pengguna ketika ingin mencari lagi file terkait.

4. Google Scholar memiliki fitur sitasi kutip cepat, jadi ketika pengguna sudah memutuskan artikel yang akan dijadikan rujukannya, maka tinggal salin atau copy sitasi ke dalam artikel pribadi.

5. Siapkan alert atau pengingat untuk tetap mendapatkan informasi tentang literatur penelitian yang sedang tren. Hal ini sangat berguna ketika pengguna kerap meneliti peristiwa terkini atau topik-topik tertentu.

Setelah mengetahui cara membuat, daftar dan menggunakan akun Google Scholar secara profesional, pengguna diharapkan dapat menggunakan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya.

Apalagi bagi para mahasiswa yang telah menyelesaikan tugas akhirnya, tidak ada salahnya mengunggah karya publikasinya dalam Google Scholar.

Karena selain sebagai dokumentasi, Google Scholar juga menjadikan pengguna lebih profesional, terutama jika ingin menambah nilai plus dalam curriculum vitae (CV) saat ingin mendaftar pekerjaan.

Related

Tips 1593672807000156911

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item