Mengenal Profesi YouTuber dan Cara Mereka Mendapat Penghasilan

Mengenal Profesi YouTuber dan Cara Mereka Mendapat Penghasilan, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Setiap generasi punya cerminan profesi ideal masing-masing. Jika generasi pendahulu mengidamkan karier berjenjang, kini tak sedikit kalangan Gen Z bercita-cita ingin menjadi YouTuber.

Jadi Youtuber, banyak duit dan terkenal ditonton jutaan orang di internet. Tak heran jika anak SD (Sekolah Dasar) yang merupakan Gen Alpha kini saat ditanya, “Apa cita-citanya?” tanpa ragu menjawab, “Jadi YouTuber!”.

Apa itu Youtuber?

YouTuber adalah pembuat tayangan/konten video yang diunggah melalui kanal YouTube. Profesi YouTuber dibagi menjadi dua kategori, yakni:

YouTuber atas nama akun pribadi (Independen) 

YouTuber dengan atas nama akun pribadi disebut sebagai orang yang bekerja untuk dirinya sendiri. Contoh konten videonya misalnya video tutorial belajar Bahasa, video tutorial mekap (make up), video travelling, video memasak, dan lainnya.

YouTuber atas nama pihak lain (di bawah agensi) 

YouTuber untuk pihak lain artinya ia membuat konten video yang bukan atas nama dirinya. Ia disebut YouTuber pekerja bebas (freelancer) karena video yang dibuat tidak untuk dirinya sendiri.

Contoh YouTuber freelance seperti pembuat animasi YouTube buat channel atau iklan untuk pihak lain. Jadi, YouTuber ini mendapatkan penghasilan dari pengguna jasanya, yakni agensi atau pihak ketiga/perantara.

Penghasilan YouTuber didapat dari mana? 

Karena profesi ini sarat digital, maka penghasilan YouTuber berasal dari internet yakni iklan AdSense, yang merupakan produk advertising network dari Google. AdSense adalah program kerja sama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google.

Alur penghasilan yang diperoleh para YouTuber melalui sistem pembagian keuntungan yang diberikan Google dari pemasang iklan (advertiser). Perhitungannya ditentukan dari jumlah iklan AdSense yang tampil atau jumlah klik pada video YouTube maupun jumlah subscriber (pelanggan).

Umumnya, pendapatan per 1.000 views (tayangan) iklan adalah 1 dolar AS bahkan lebih atau sebaliknya. Perolehan nilai ini masih tergantung dari berapa banyak jumlah iklan yang ada di kanal YouTube tersebut diklik oleh pengguna, hingga soal effective cost per mille dari suatu negara di mana kanal YouTube dibuat.

Related

Internet 7238583153426766967

Recent

item