Mitos dan Fakta Seputar Olahraga Selama Masa Pandemi COVID-19 (Bagian 1)

Mitos dan Fakta Seputar Olahraga Selama Masa Pandemi COVID-19, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Ada banyak pernyataan yang beredar di masyarakat mengenai olahraga selama masa pandemi COVID-19 ini. Sebagian masyarakat meyakininya, sebagian juga menyangsikannya.

Lewat rilis yang diterima media, berikut adalah penjelasan dari dr Michael Triangto, SpKO, spesialis kedokteran olahraga yang juga direktur Slim & Health Sports Center Jakarta seputar rumor yang beredar tersebut.

Olahraga di saat pandemi COVID-19 aman jika dilakukan di dalam rumah

Untuk mencegah penularan COVID-19, pemerintah menganjurkan agar sebaiknya berada di dalam rumah dan hal yang sama juga pada saat berolahraga.

American College of Sports Medicine (ACSM) merekomendasikan agar menghindari tempat umum dan jaga jarak yang sejalan dengan anjuran dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) untuk tetap beraktivitas fisik di rumah agar kita dapat menekan risiko penularan serendah mungkin.

Dengan demikian pernyataan diatas adalah: Fakta.

Berolahraga dengan menggunakan masker akan mengganggu kesehatan

Sebagaimana diketahui tubuh dapat terinfeksi COVID-19 melalui cara inhalasi sehingga Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan penggunaan masker akan bertindak sebagai barrier antara udara luar dan hidung maupun mulut yang akan menyaring udara sampai dengan 90 persen dan sama sekali tidak menghentikan aliran udara pernafasan.

Dengan demikian penggunaan masker tidak akan mengganggu pernafasan termasuk juga saat berolahraga dengan intensitas ringan sampai dengan sedang karena disaat itu tubuh tidak membutuhkan udara pernafasan dalam jumlah banyak.

Kalaupun ada rasa tidak nyaman tentunya dapat teratasi setelah penggunaan secara teratur tubuh akan terbiasa dalam menggunakannya. Selain itu penggunaan masker yang tepat dengan cara yang benar adalah bentuk tanggung jawab sosial kita untuk tidak terinfeksi dan menginfeksi orang lain yang berdampak pada diri sendiri, keluarga, masyarakat dan negara yang kita cintai ini.

Dengan demikian pernyataan di atas adalah: Mitos.

Mengikuti CFD aman karena kita berada di udara terbuka, sehingga tidak memungkinkan tertular COVID-19

Udara terbuka di zona hijau memiliki resiko yang lebih kecil untuk terinfeksi virus COVID-19 namun bila udara terbuka yang dimaksud adalah acara car free day dimana penuh dengan masyarakat yang bergerombol tentunya  kita akan sulit untuk menjaga jarak dan resiko akan bertambah jika masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan sebagaimana yang telah ditentukan misalnya tidak menggunakan masker, yang jelas akan memudahkan untuk terinfeksi COVID-19.

Dengan demikian pernyataan diatas adalah: Mitos.

Olahraga ringan sampai sedang dapat menghindarkan kita terkena COVID-19

Olahraga berintensitas ringan sampai dengan sedang tidak akan memaksakan tubuh kita untuk melakukan latihan yang berlebihan dan melampaui batas-batas kemampuan tubuh sehingga akan mampu meningkatkan kesehatan dan juga daya tahan tubuh dari kemungkinan terinfeksi COVID-19

Dengan demikian pernyataan diatas adalah: Fakta.

Berolahraga berat di gym akan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, dan baik untuk mencegah COVID-19

Bila olahraga berintensitas ringan sampai dengan sedang akan dapat meningkatkan kesehatan kita, namun bilamana olahraga tersebut terus ditingkatkan intensitas latihannya sehingga menjadi berat malah akan menurunkan intensitas tubuh sehingga akan lebih memungkinkan untuk terinfeksi virus COVID-19.

Selain itu bilamana kebersihan peralatan yang dipakai bersama tidak dapat dijaga dengan baik maka hal tersebut juga akan mempermudah penularan dari satu orang ke orang lain.

Dengan demikian pernyataan di atas adalah: Mitos.

Minum air yang cukup secara teratur saat berolahraga dapat membantu menghindari COVID-19

Pada saat berolahraga tentunya tubuh akan kehilangan cairan dan hal ini harus segera diatasi dengan melakukan minum air secara cukup dan teratur. Bilamana hal tersebut tidak dilakukan maka tentunya tubuh mengalami dehidrasi dan akan mengganggu kesehatan yang pada akhirnya memudahkan tubuh untuk menjadi sakit dan tak tertutup kemungkinan untuk terinfeksi virus COVID-19.

Dengan demikian pernyataan diatas adalah: Fakta.

Baca lanjutannya: Mitos dan Fakta Seputar Olahraga Selama Masa Pandemi COVID-19 (Bagian 2)

Related

Sports 531551299110260226

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item